Jokowi Ajak Masyarakat Bantu Pemerintah Tangani Pandemi Corona

Image title
18 April 2020, 20:25
jokowi, corona, covid-19
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/POOL/foc.
Ilustrasi, Presiden Joko Widodo memakai masker saat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Jokowi meminta masyarakat membantu pemerintah menangani pandemi corona dengan cara gotong royong membantu sesama.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan pemerintah tidak bisa bekerja sendiri menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah mengajak partisipasi masyarakat.

Hingga hari ini, jumlah positif corona di Indonesia mencapai 6.248 kasus. Sebanyak 631 orang dinyatakan sembuh dan 535 orang meninggal dunia.

"Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, tidak bisa, peran serta seluruh lapisan masyarakat sangatlah penting," kata Jokowi seperti dikutip dari Antara, Sabtu (18/4).

Menurut Jokowi, pandemi corona bukan hal mudah untuk dilalui. Biarpun begitu, dia percaya Indonesia mampu melalui kesulitan tersebut. 

Jika pandemi telah usai, Jokowi yakin Indonesia akan menjadi bangsa yang semakin kuat dan siap menyongsong masa depan yang lebih sejahtera. Oleh karena itu, Jokowi mengajak masyarakat membantu pemerintah melawan Covid-19 dengan saling membantu sesama.

"Kegotongroyongan harus terus kita gaungkan, kepedulian warga juga terjadi di bidang ekonomi. Banyak yang membantu tetangganya dengan membeli produk yang dijualnya," kata dia.

(Baca: Positif Corona RI Tambah 325 jadi 6.248 Orang, yang Sembuh Kian Banyak)

Lebih lanjut Jokowi menceritakan mengenai seorang warga yang bergejala Covid-19 di dalam suatu lingkungan tidak dikucilkan oleh tetangganya. Menurut dia, tetangganya justru membantu warga terinfeksi corona tersebut.

Jokowi pun menyatakan tindakan tersebut merupakan contoh yang harus ditiru. Dia menilai gerakan-gerakan saling bantu tersebut harus diceritakan untuk menjaga harapan dan menjadi inspirasi.

"Bakal bermanfaat jika dapat ditiru ulang oleh yang lain secara masif," ujarnya.

Aksi-aksi solidaritas tersebut, menurut Jokowi, merupakan sifat dan kebesaran bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia merupakan bangsa gotong royong, bangsa pejuang yang selalu menemukan kekuatan dan solusi lokal di tengah berbagai krisis.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...