Begini Strategi Kementan Jaga Pasokan Pangan di Tengah Pandemi Corona

Rizky Alika
22 April 2020, 14:48
kementerian pertanian, kementan, pasokan pangan, pandemi corona, virus corona
ANTARA FOTO/FB Anggoro/aww.
Sejumlah warga mengenakan masker saat berbelanja di Pasar Sago saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru, Riau, Minggu (19/4/2020). Kementan menyiapkan strategi untuk menjaga pasokan bahan pangan di masa pandemi corona.

Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menjaga pasokan pangan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Sekretaris Jenderal Kementan Momon Rusmono mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan tiga strategi dalam menjaga stok pangan. Strategi tersebut meliputi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

"Untuk jangka pendek, kalau ada masalah segera selesaikan. Amankan produksi dan ketersediaan kebutuhan pangan minimal sampai Mei-Agustus 2020," kata dia dalam Focus Group Discussion virtual bertajuk 'Meraup Untung Bisnis Pangan Petani Milenial di Tengah Pandemi Covid-19', Rabu (22/4).

(Baca: Masuk Masa Panen Raya, Pemerintah Jamin Stok Beras Aman)

Momon menjelaskan secara rinci, strategi jangka pendek terdiri dari membeli ayam peternak kecil dan dititipkan di pendingin milik swasta, menaikkan harga jual gabah petani. menjaga stok aman 11 komoditas utama di setiap provinisi, dan kegiatan padat karya.

Adapun, kegiatan padat karya yang dimaksud yaitu perbaikan sarana irigasi, gerakan tanam, pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) dan panen. Dengan demikian, para pekerja yang kehilangan penghasilan akibat pandemi corona dapat bekerja pada sektor pertanian.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...