Perusahaan Jepang Tertarik Beli 15% Saham Anak Usaha Semen Indonesia

Image title
22 April 2020, 21:37
perusahaan semen jepang, semen indonesia, solusi bangun indonesia,
Katadata | Arief Kamaludin
Semen Indonesia akan menjalin kemitraan bisnis dengan perusahaan semen asal Jepang, Taiheiyo Cement Corporation yang juga berminat membeli 15% saham Solusi Bangun Indonesia.

Perusahaan semen asal Jepang, Taiheiyo Cement Corporation (Taiheiyo), menyatakan minatnya untuk menjalin kerja sama strategis dan membeli saham anak usaha PT Semen Indonesia Tbk, yakni PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI).

Berdasarkan keterbukaan informasi yang diunggah SBI hari ini, Rabu (22/4), Taiheiyo berminat menanamkan modalnya sebesar US$ 220 juta atau sekitar Rp 3,43 triliun (asumsi kurs Rp 15.590/US$) pada SBI melalui skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) alias Rights Issue. Nilai tersebut setara dengan 15% kepemilikan saham SBI.

Adapun ketiga perusahaan semen ini telah menandatangani nota kesepahaman alias memorandum of understanding (MoU) terkait kerjasama strategis dan rencana kemitraan bisnis ini pada Selasa 21 April 2020.

"Pelaksanaan kemitraan tersebut akan memperhatikan ketentuan yang berlaku serta perjanjian definitif terkait yang akan ditandatangani kemudian," dikutip dari keterbukaan informasi yang disampaikan SBI.

(Baca: Harga Batu Bara Turun, Analis Nilai Laba Semen Indonesia Bisa Melonjak)

Dijelaskan lebih detail dalam keterbukaan informasi tersebut kerja sama ketiga perusahaan semen ini mencakup ekspor hasil produksi semen kepada Taiheiyo, berbagi hasil penelitian, pengembangan, dan teknologi sehubungan dengan kegiatan produksi.

Pihak Taiheyo mengungkapkan alasannya melakukan aksi korporasi ini yaitu untuk  perusahaan melakukan aksi korporasi ini untuk pengembangan bisnis jangka panjang karena permintaan semen di Jepang semakin turun karena populasi masyarakat di sana yang semakin menua. Hal ini diprediksi akan menurunkan produktivitas Negeri Sakura.

Sementara, negara-negara berkembang (emerging market) seperti Indonesia, permintaan semen masih lebih baik. Taiheiyo juga mengungkapkan tertarik berafiliasi dengan Semen Indonesia karena perusahaan tersebut berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan fundamental kinerja yang baik.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...