Kepercayaan Publik terhadap Kemampuan Pemerintah Tangani Corona Turun

Dimas Jarot Bayu
24 April 2020, 13:53
virus corona, covid 19, pandemi corona, kepercayaan publik,
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/pras.
Hari pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di perbatasan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (24/4/2020). Kepercayaan publik terhadap kemampuan pemerintah menangani pandemi corona turun.

Tingkat kepercayaan publik terhadap kemampuan pemerintah mengatasi pandemi corona dinilai semakin turun. Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menilai hal tersebut lantaran pemerintah hingga saat ini belum bisa menurunkan jumlah pasien yang terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Selain itu, penyebaran virus corona di Indonesia pun masih cukup pesat setiap harinya. Menurut Qodari, kedua faktor tersebut yang menjadi kunci untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat atas kemampuan pemerintah menangani corona.

"Saya pribadi kalau mengulang pertanyaan apakah mampu atau tidak mampu, dugaan saya yang mengatakan mampu akan cenderung menurun," ujarnya melalui webinar yang diadakan Pusat Riset dan Respon Bencana Universitas Indonesia, Jumat (24/4).

(Baca: Pemerintah Bantah Memanipulasi Data Corona, Jubir: Tak Ada Untungnya)

Dia mengatakan bahwa kedua faktor tersebut hingga saat ini belum bisa ditangani pemerintah karena ada beberapa dimensi yang belum dikerjakan pemerintah secara optimal. Dimensi pertama berkaitan dengan upaya pemerintah melakukan penelusuran kontak pasien positif secara agresif dan sistematis.

Dimensi kedua berkaitan dengan upaya pemeriksaan secara massal. Meski Jokowi sudah menargetkan 10 ribu pemeriksaan setiap hari, Qodari menilai saat ini hal itu sulit untuk dilaksanakan.

Sebab, pemerintah masih terkendala minimnya alat PCR di berbagai laboratorium. Tak hanya itu, ada keterbatasan reagen untuk pemeriksaan menggunakan metode PCR. "Celakanya permintaan Jokowi untuk contact tracing dan testing massal belum terealisasi," katanya.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...