Imbas Corona, Perum Damri Pangkas Tunjangan Karyawan

Image title
24 April 2020, 13:08
Imbas Corona, Perum Damri Pangkas Tunjangan Karyawan.
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Ilustrasi halte bus Damri tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Pool Damri Bogor, Jawa Barat, Kamis (2/4/2020). Damri akan memangkas tunjangan karyawan untuk mempertahankan bisnis.

Pandemi corona telah menekan sektor transportasi, termasuk Perusahaan Umum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (Perum DAMRI). Perseroan bakal memangkas tunjangan karyawannya guna menjaga kelangsungan usaha dan operasional perusahaan.

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Damri Nico R Saputra mengungkapkan, manajemen Damri memberlakukan penyesuaian insentif karyawan untuk karyawan yang bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Advertisement

Penyesuain insentif tersebut, berupa pemangkasan tunjangan bulanan karyawan seperti uang makan dan uang transporasi sebesar 25 %. Namun, kebijakan ini akan dievaluasi dalam dua hingga tiga bulan dan disesuaikan dengan situasi terkini pandemi corona. 

(Baca: Cegah Corona, Damri Setop Sementara Operasional Angkutan Antarnegara)

“Sesuai dengan surat keputusan manajemen perihal Insentif Karyawan memutuskan untuk sementara waktu memberlakukan pengurangan tunjangan-tunjangan bulanan,” kata Nico kepada katadata.co.id, Jumat (24/4).

Meski demikian, Nico memastikan karyawan Damri masih tetap beraktivitas normal dengan bekerja dari rumah maupun di kantor, di tengah pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sehingga, manajemen tak akan mengambil opsi kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement