22 Daerah Antusias Terima 400 Ribu Alat Tes PCR dari Tiongkok

Pingit Aria
25 April 2020, 19:57
Petugas mengoperasikan alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di Klinik Kesehatan milik Dinas Kesehatan Provinsi Kepualauan Bangka Belitung di Pangkal Pinang, Rabu (22/4/2020). Pengoperasian alat PCR yang dapat memeriksa 1.000 sampel tersebut, diharapka
ANTARA FOTO/Anindira Kintara/Lmo/foc.
Petugas mengoperasikan alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di Klinik Kesehatan milik Dinas Kesehatan Provinsi Kepualauan Bangka Belitung di Pangkal Pinang, Rabu (22/4/2020). Pengoperasian alat PCR yang dapat memeriksa 1.000 sampel tersebut, diharapkan dapat lebih cepat mengetahui hasil pemeriksaan pasien yang diduga terinfeksi virus corona atau COVID-19 di Provinsi Kepulauanterhadap Bangka Belitung.

Sebanyak 400 ribu reagen untuk tes polymerase chain reaction (PCR) tiba dari Tiongkok.  Bahan kimia pendeteksi virus corona itu langsung didistribusikan ke 22 provinsi.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengapresiasi pimpinan daerah yang bersemangat melakukan tes PCR bagi warga di daerahnya. “Pimpinan daerah tidak hanya menunggu, tetapi berlomba untuk ikut menjemput sendiri reagen PCR itu di Bandar Udara Soekarno-Hatta,” kata Doni melalui siaran pers, Sabtu (25/4).

Doni menyatakan, Gugus Tugas sebenarnya sudah mempersiapkan untuk mendistribusikan reagen PCR yang baru datang ke daerah-daerah. Namun banyak daerah yang tidak sabar karena sudah kehabisan reagen PCR dan memilih untuk mengambilnya sendiri.

“Seperti dari Yogyakarta misalnya, mereka memilih untuk ikut menjemput di Bandara Soekarno-Hatta. Ketika saya tanya berapa lama perjalanan ke Yogyakarta? Mereka menjawab sekitar lima jam,” ujar Doni kagum.

(Baca: RI Datangkan 1 Juta Unit APD dan 50 Ribu PCR dari Korea Selatan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...