9 Perusahaan Besar Telah Serap 291 Ribu Ekor Ayam Peternak

Rizky Alika
28 April 2020, 16:09
ayam hidup, harga ayam,
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/wsj.
Sebanyak 291.937 ekor ayam hidup milik peternak telah dibeli oleh perusahaan seperti Charoen Pokphand, Japfa dan tujuh lainnya untuk mencegah kejatuhan harga ayam

Perusahaan besar (integrator) telah menyerap ayam hidup (livebirds) peternak untuk mencegah jatuhnya harga ayam. Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat, hingga 27 April 2020 jumlah ayam yang sudah diserap oleh integrator sebanyak 291.937 ekor.

"Itu setara dengan 7,09% dari target sebanyak 4.119.000 ekor," kata Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPR secara virtual, Selasa (28/4).

Dia mencatat, penyerapan telah dilakukan oleh sembilan perusahaan yaitu PT Charoen Pokphand Indonesia, PT Japfa Comfeed Indonesia, PT Karya Indah Pertiwi, PT Expravet Naruba, PT Ayam Manggis, PT Super Unggas Jaya, PT De Heus, PT ITB, dan PT Wonokoyo.

(Baca: Cegah Harga Anjlok, Japfa dan Charoen Beli Jutaan Ekor Ayam Peternak)

Adapun, penyerapan 4,1 juta ekor ayam hidup tersebut akan dilakukan oleh 22 perusahaan. Selain sembilan perusahaan tersebut, ada pula PT Patriot Intan Abadi, PT Malindo Feedmill, PT Sierad Produce, PT New Hope Farm Indonesia, dan PT QL-Agrofood.

Kemudian, ada PT Janu Putra Sejahtera, CV Surya Inti Pratama, PT Reza Perkasa, PT Kerta Mulia Sejahtera, PT Dinamika Megatama Cira, PT Sido Sari Multifarm, PT Cahaya Teknologi Unggas, dan PT Panca Patriot Prima.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...