Kasus Corona di AS Tembus 1 Juta, Beberapa Negara Bagian Buka Lockdown

Agustiyanti
28 April 2020, 08:18
kasus virus corona, covid-19, pandemi corona, amerika serikat, lockdown, as longgarkan lockdown
ANTARA FOTO/REUTERS/Bita Honarvar/hp/cf
Para pelanggan mencuci rambutnya di Three-13 Salon, Spa and Boutique saat fase pembukaan kembali bisnis dan restoran di Georgia, Amerika Serikat. Sejumlah negara bagian di AS mulai membuka perekonomiannya seiring tambahan kasus dan kematian akibat virus corona yang menurun.

Total kasus positif virus corona di Amerika Serikat menembus 1 juta dengan kematian mencapai lebih dari 56 ribu orang berdasarkan data worldometers.info. Meski total kasus aktif corona masih lebih dari 800 ribu orang, sejumlah negara bagian di AS mulai membuka perekonomiannya. 

Dikutip dari Reuters, Georgia pada Senin mengizinkan penduduk untuk makan di restoran untuk pertama kalinya dalam sebulan terakhir. Salah satu negara bagian di Amerika Serikat ini mulai mengurangi pembatasan seiring penambahan jumlah kasus dan kematian akibat virus corona yang menurun.

Beberapa negara bagian AS mulai menghidupkan kembali ekonomi mereka yang terpukul, meskipun ada peringatan dari para pakar kesehatan. Montana hingga Mississippi akan membuka kembali beberapa bisnis yang semula dibatasi karena tidak esensial.

Alaska, Oklahoma dan South Carolina, bersama dengan Georgia, sebelumnya juga telah membuka kembali perekonomian.

Presiden Donald Trump dan beberapa pejabat lokal sebelumnya telah mengkritik Gubernur Georgia Brian Kemp yang mengizinkan restoran dan teater masuk dalam daftar bisnis yang dibuka kembali. Termasuk salon, tukang cukur, dan salon tato yang kemungkinan sulit menerapkan pembatasan fisik. 

(Baca: Tembus 3 Juta Kasus, Pakar Ragu Pandemi Corona di Dunia Berakhir 2020)

Meski pembukaan ekonomi juga dilakukan di Atlanta, beberapa pemilik restoran dan manajer di ibukota negara bagian tersebut mengatakan mereka tidak akan dibuka kembali pada hari Senin. "Saya punya anak perempuan dan saya ingin ada untuknya," Steve Pitts, manajer umum Manuel’s Tavern, fixture mengatakan kepada Reuters.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...