Saran Bill Gates agar AS Terhindar dari Gelombang Kedua Pandemi Corona

Image title
28 April 2020, 10:48
bill gates, pandemi corona, virus corona, pelonggaran lockdown
Arief Kamaludin|KATADATA
Pemilik Microsoft Bill Gates menyarankan pemerintah AS untuk melakukan tes besar-besaran guna mencegah gelombang dua pandemi virus corona.

Sejumlah negara bagian di Amerika Serikat mulai melonggarkan lockdown atau pembatasan sosial seiring tambahan kasus positif virus corona yang mulai menurun. Pendiri Microsoft Bill Gates khawatir bakal terjadi gelombang kedua pandemi corona di AS.

 "Jika membuka (lockdown), AS dapat kembali ke pertumbuhan eksponensial (infeksi virus corona)," kata dia dikutip dari CNN Internasional pada Senin (27/4).

Gates mengatakan, pembukaan lockdown yang sukses harus dilakukan secara bertahap. Ia berharap agar langkah pembukaan ekonomi yang dilakukan pemerintah sejalan dengan rekomendasi dari banyak pakar kesehatan dan ekonom, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia  atau WHO. 

(Baca: Kasus Corona di AS Tembus 1 Juta, Beberapa Negara Bagian Buka Lockdown)

Pemerintah AS pun disarankan untuk melakukan tes secara besar-besaran guna menghindari gelombang kedua ledakan kasus baru virus corona. Menurut Gates,  pemerintah AS harus melakukan jutaan tes diagnostik setiap pekan sebelum lockdown dicabut.

"Perlu diterapkan pengujian yang sangat padat sehingga bisa mendeteksi adanya gelombang kedua ke pertumbuhan eksponensial dengan sangat cepat," kata dia. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...