Jaga Kinerja saat Pandemi, Garuda Pacu Bisnis Kargo dan Sewa Pesawat

Image title
29 April 2020, 16:02
Ilustrasi, pesawat milik PT Garuda Indonesia Tbk. Untuk menjaga kinerja di tengah pandemi Covid-19, Garuda Indonesia mengoptimalkan layanan kargo dan jasa penyewaan pesawat.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, pesawat milik PT Garuda Indonesia Tbk. Untuk menjaga kinerja di tengah pandemi Covid-19, Garuda Indonesia mengoptimalkan layanan kargo dan jasa penyewaan pesawat.

Pandemi virus corona (Covid-19) memukul bisnis maskapai penerbangan komersial. Pasalnya, turunnya mobilitas orang berpergian berimbas pada penurunan frekuensi penerbangan.

Menyikapi hal ini, PT Garuda Indonesia Tbk menyiasatinya dengan mengalihkan fokus bisnis sementara ke lini penerbangan kargo dan jasa penyewaan pesawat.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, perusahaan telah mengubah beberapa rute penerbangan komersial menjadi rute kargo. Pada hari Rabu (29/4) misalnya, Garuda Indonesia menerbangkan 26 pesawat khusus kargo untuk rute domestik maupun internasional.

Operasional layanan kargo Garuda Indonesia ini akan mengikuti slot jadwal penerbangan komersial. Jadi, misalnya jadwal penerbangan ke Makassar jam 07.00 WIB, Garuda Indonesia menggunakannya untuk pengiriman kargo.

"Selain menggunakan slot penerbangan komersial untuk pengiriman kargo, kami juga meminta extra flight agar mampu melayani lebih banyak," ujar Irfan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) secara virtual dengan Komisi VI DPR, Rabu (29/4).

Penggunaan pesawat untuk layanan kargo ini dimungkinkan, karena sudah terbukti mampu mengangkat muatan banyak. Contohnya, untuk pesawat tipe Boeing 777 dengan kursi 3-3 memiliki kapasitas beban kurang lebih 75 Kilogram (Kg) per kursi. Dengan asumsi jumlah kursi sebanyak 300, maka pesawat tipe ini mampu mengangkut beban 22.500 Kg atau 22,5 ton.

(Baca: Tangkal Corona, Anak Garuda Diversifikasi Bisnis Demi Jaga Kinerja)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...