Materi Content Creator Youtube Banyak Diminati Peserta Kartu Prakerja

Rizky Alika
29 April 2020, 14:13
Content Creator Youtube jadi Materi Banyak Diminati di Kartu Prakerja.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pelatihan bahasa dan content creator Youtube jadi manteri paling diminati dalam program kartu prakerja.

Program kartu prakerja diserbu banyak peminat. Penerima manfaat kartu prakerja kini sudah bisa memilih materi pelatihan sesuai dengan minat setiap peserta. 

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, dari sejumlah materi pelatihan kartu prakerja beragam, terdapat beberapa materi yang paling diminati perserta yakni mulai dari pelatihan bahasa hingga materi pembuatan konten Youtube (content creator).

Advertisement

"Mayoritas suka belajar bahasa Inggris grammar atau TOEFL," kata Denni dalam video conference, Rabu (29/4).

(Baca: Pegiat Pendidikan Meragukan Efektivitas Pelatihan Kartu Prakerja)

Selain bahasa Inggris, sebagian besar peserta mengikuti pelatihan pilihan kerja sampingan selama pandemi corona, misalnya menjadi start-up administrasi dan sekretaris, teknik melamar, dan sukses bisnis online shop di Instagram.

Selanjutnya, sebagian besar peserta mengikuti pelatihan desain grafis, teknik lengkap menjual apapun, barista dan warung kopi, dan teknik wawancara. "Content creator Yotube juga besar peminatnya," ujar dia.

Biaya pelatihan yang dibeli peserta tersebut beragam, mulai dari Rp 24 ribu-Rp 1,5 juta. Oleh karena itu, pemerintah berupaya untuk menyediakan pilihan pelatihan secara beragam bagi peserta kartu prakerja.

Denni pun terus memonitor pelatihan yang banyak dipilih oleh masyarakat. Adanya pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas peserta kartu prakerja.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement