Setelah Corona Berlalu, Ekspor Tiga Komoditas Diramal Naik Tahun Depan

Image title
4 Mei 2020, 16:06
ekspor, pandemi corona, ekspor pangan, energi,
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Sebuah truk menunggu muatan peti kemas di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/2/2020). Ekspor komoditas energi, pangan, dan kesehatan diperkirakan melonjak pada 2021 setelah pandemi corona berakhir.

Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memperkirakan setidaknya ada tiga komoditas ekspor yang mengalami lonjakan permintaan pada 2021 setelah usainya pandemi corona atau Covid-19.

Peneliti Indef Bhima Yudhistira mengatakan tiga komoditas ekspor tersebut yaitu dari sektor energi yakni batubara, minyak bumi, dan crude palm oil (CPO); kemudian komoditas pangan, dan produk-produk kesehatan seperti jamu herbal serta obat-obatan kimia.

Advertisement

"Harapannya tahun 2021 ada pemulihan ketika banyak industri yang terkena pandemi atau lockdown mulai pulih lagi, jadi akan meningkatkan permintaan ketiga komoditas itu," kata Bhima kepada Katadata.co.id, Senin (4/5).

Menurut dia, setelah pandemi ini berakhir pola konsumsi masyarakat dunia diperkirakan akan berubah. Akan terjadi peningkatan konsumsi pangan dan produk kesehatan. Sedangkan konsumsi kebutuhan lain yang sifatnya bukan prioritas akan turun drastis.

(Baca: Pelonggaran Lockdown Dinilai Tak Berpengaruh Signifikan ke Ekspor RI)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement