Update Corona: Kasus Positif Dunia Tembus 4 Juta, 280 Ribu Meninggal

Happy Fajrian
10 Mei 2020, 09:32
pandemi corona, virus corona, covid-19, jumlah kasus positif, jumlah kematian,
ANTARA FOTO/REUTERS/Sebastian Castaneda/hp/cf
Warga saling berdiri menunggu pada jarak aman di luar pasar pusat Lima saat Peru memperpanjang "lockdown" nasional di tengah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Lima, Peru, Jumat (8/5/2020).

Jumlah kasus positif virus corona di dunia hingga Sabtu (9/5) menembus angka 4 juta orang menurut data Worldometers, tepatnya 4.098.288 orang. Jumlah tersebut bertambah 88.997 orang dibandingkan sehari sebelumnya.

Sementara itu jumlah korban meninggal akibat Covid-19 di dunia telah mencapai lebih dari 280 ribu orang, tepatnya 280.224 orang, bertambah 4.248 orang dibandingkan sehari sebelumnya. Adapun virus ini telah menyebar ke lebih dari 200 negara di dunia.

Amerika Serikat (AS) masih memimpin dalam hal jumlah kasus positif, tambahan jumlah kasus positif harian, jumlah kematian, dan tambahan jumlah kematian harian.

Adapun jumlah kasus positif Covid-19 di negeri Paman Sam mencapai 1.347.309 orang, atau sepertiga dari total kasus positif di seluruh dunia. Jumlah ini bertambah 25.524 orang dibandingkan data sehari sebelumnya. Sementara itu jumlah korban meninggal di AS telah menembus angka 80 ribu orang, bertambah 1.422 orang.

(Baca: Jadi Sumber Virus Corona, Tiongkok Akui Kelemahan Sistem Kesehatannya)

Meski demikian sejumlah ahli memprediksi bahwa jumlah orang yang terinfeksi virus corona di dunia kemungkinan lebih tinggi dari data yang ada. Pasalnya banyak negara yang tidak melakukan pengetesan warganya secara masif sehingga data yang ada bisa tidak mencerminkan kondisi sebenarnya.

Pada beberapa negara, tambahan jumlah kematian harian terpantau turun, seperti di Spanyol. Meski demikian ada kekhawatiran pelonggaran karantina wilayah (lockdown) di sejumlah negara akan menyebabkan gelombang kedua penularan virus corona di dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...