Pemulihan Ekonomi akibat Pandemi Corona Bakal Telan Anggaran Rp 318 T

Agustiyanti
12 Mei 2020, 15:33
program pemulihan ekonomi, pandemi corona, BUMN, anggaran program pemulihan ekonomi
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nz
Ilustrasi. Total anggaran untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi corona yang akan digelontorkan pemerintah diperkirakan mencapai Rp 318,9 triliun

Pemerintah memperkirakan total anggaran untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi corona mencapai Rp 318,9 triliun. Separuh dari anggaran akan digunakan untuk mendukung BUMN.

Program pemulihan ekonomi telah dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2020 yang diteken Jokowi pada 9 Mei dan diundangkan pada 11 Mei. PP tersebut, antara lain mengatur terkait penyertaan modal negara kepada BUMN, penempatan dana pada bank umum, investasi pemerintah, penjaminan, hingga mekanisme pembiayaan.

Berdasarkan dokumen program pemulihan ekonomi nasional yang diperoleh Katadata.co.id, terdapat sejumlah instrumen kebijakan dalam program pemulihan ekonomi senilai Rp 318 triliun itu.

Pertama, subsidi bunga untuk UMN dan Ultra Mikro pada perbankan, perusahaan pembiayaan, maupun lembaga penyalur lainnya mencapai Rp 34,15 triliun.

(Baca: Pemulihan Ekonomi Corona, Pemerintah Siapkan Rp 155 T untuk BUMN)

Kedua, insentif perpajakan senilai Rp 63,01 triliun. Insentif ini berbentuk PPh 21 ditanggung pemerintah, PPh final UMKM ditangggung pemerintah, pembebasan PPH 22 impor, pengurangan angsuran PPh, dan pengembalian pendahuluan PPN.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...