Sulit Gaet Sponsor Efek Pandemi, Tim E-Sports Andalkan Video Streaming

Fahmi Ahmad Burhan
12 Mei 2020, 19:08
Sulit Gaet Sponsor Efek Pandemi, Tim E-Sports Andalkan Video Streaming
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi, Timnas e-sports Indonesia mengikuti pelatnas SEA Games 2019 di Ligagame Esports Arena, Jakarta Barat, Jumat (15/11/2019).

Pelaku usaha di industri e-sports kesulitan menggaet sponsor akibat pandemi corona. Karena itu, tim e-sports mengandalkan keterlibatan (engagement) fan lewat video streaming dan media sosial.

CEO Boom E-sport Gary Ongko Putera khawatir pendapatan timnya menurun karena kurangnya dukungan sponsor. Kabar baiknya, jumlah penonton video streaming dan engagement di media sosial meningkat selama pandemi virus corona.

"Sekarang dari manajemen, revenue low, tapi engagement tinggi. Dapat banyak penonton video streaming," kata Gary saat video conference, Selasa (12/5). 

(Baca: Tim E-Sports Sulit Gaet Sponsor Akibat Pandemi Corona)

Tim Boom untuk turnamen gim Dota mengikuti kejuaraan dunia, sebelum pandemi Covid-19 terjadi. Hal ini membuat penggemar Boom meningkat. "Media sosial kami pun banyak dikunjungi," kata Gary. 

Business Development E-sports Manager Garena Nugroho Wijaya menambahkan, banyak turnamen e-sports dibatalkan karena pendemi corona sejak Maret lalu. Para pelaku e-sports pun mengandalkan berbagai acara virtual untuk menarik penonton atau engagement.

"Ada yang membuat event untuk amal, casual, semi pro dan lainnya, supaya bisa mengajak berpartisipasi di rumah aja," kata Wijaya. Pengembang gim Free Fire ini menilai, fan e-sports di Indonesia cukup banyak dan potensial.

(Baca: Tembus 350 Juta, Pemain Gim Fortnite Lampaui Jumlah Penduduk Indonesia)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...