Harga Emas Antam Naik Rp 5.000/Gram Imbas Harapan Stimulus Tambahan AS

Agustiyanti
13 Mei 2020, 08:57
harga emas antam, harga emas, harga emas hari ini, logam mulia antam
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi. Harga penjualan kembali emas Antam hari ini naik lebih tinggi Rp 6.000 menjadi Rp 812 ribu per gram.

Harga emas Antam hari ini naik Rp 5.000 menjadi Rp 908 ribu per gram. Prediksi bahwa AS akan menggelontorkan stimulus lebih besar menekan dolar dan kembali mengerek harga emas dunia.

Dikutip dari Reuters, harga emas di pasar spot naik 0,13% pada perdagangan pagi ini menjadi US$ 1.704,35 per ons. Sedangkan harga emas berjangka naik 0,66% menjadi US$ 1.701,3 per ons.

"The Fed akan mulai membeli dana yang diperdagangkan di bursa obligasi (ETF) untuk pertama kalinya. Ini besar, dan semua orang tahu kapan ada lebih banyak stimulus, Anda tentu ingin memiliki lebih banyak emas, "kata Michael Matousek, kepala pedagang di Investor Global AS.

Bank sentral AS akan mulai membeli saham ETF pada Selasa (13/5) melalui Pasar Sekunder Fasilitas Kredit Korporasi. Fasilitas ini adalah satu dari beberapa instrumen yang dibuat The Fed untuk meningkatkan fungsi pasar setelah pandemi.

"Salah satu hal positif yang dapat meningkatkan harga emas adalah pembicaraan tentang lebih banyak stimulus di seluruh dunia," kata dia.

(Baca: The Fed: AS Butuh Lebih Banyak Stimulus Fiskal Lawan Dampak Corona)

Presiden AS Donald Trump kembali mendorong The Fed untuk menurunkan suku bunga ke level negatif. Namun, beberapa anggota bank sentral menilai hal tersebut tak diperlukan.

Emas cenderung mendapat manfaat dari langkah-langkah stimulus global karena dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan mata uang. Harga emas sepanjang tahun ini telah meningkat lebih dari 12%.

Ketakutan yang meningkat akan gelombang kedua infeksi juga turut mendukung harga emas. Pasar juga terus memantau hubungan AS dan Tiongkok, setelah Trump mengatakan dia tidak tertarik untuk menegosiasikan kembali kesepakatan dagang tahap pertama.

"Harga spot emas terkonsolidasi tepat di atas ambang batas US$ 1.700. Investor saat ini tetap berada pada skenario bullish, tetapi dibutuhkan sentimen lain untuk mendorong reli harga emas lagi," ujar Kepala Analis ActivTrades Carlo Alberto De Casa dalam sebuah catatan.

Sementara mengutip situs logammulia.com , harga emas untuk seluruh produk emas yang dijual berdasarkan bobot naik. Harga penjualan kembali emas Antam hari ini naik lebih tinggi Rp 6.000 menjadi Rp 812 ribu per gram.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...