Ada PSBB, Masyarakat Melek Internet Kini Lebih Banyak Menabung

Pingit Aria
14 Mei 2020, 15:43
BTPN
Katadata | Arief Kamaludin

Pandemi Covid 19 telah mengubah cara masyarakat dalam beraktivitas, termasuk saat melewati momentum Ramadan dan Lebaran. Akibat pembatasan sosial berskala besar atau PSBB di berbagai daerah, masyarakat mengalami situasi yang tidak mudah dan berdampak terhadap kondisi finansial mereka.

Bagi masyarakat yang melek internet atau digital savvy, berbagai kegiatan, termasuk transaksi keuangan bisa dilakukan dengan mudah. Layanan finansial seperti membayar tagihan, pembayaran belanja di marketplace, hingga menunaikan zakat, menabung, serta mengirim THR bisa dilakukan secara online.

Salah satunya melalui aplikasi Jenius dari Bank BTPN. “Di tengah situasi ini kita harus tetap optimis dan produktif meskipun dalam keadaan yang terbatas,” kata Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN dalam diskusi virtual, Kamis (14/5).

Bagaimanapun, Irwan mengingatkan pengguna untuk terus menjaga kerahasiaan data dan keamanan transaksi. Sebab, “Di tengah situasi seperti sekarang ini, ada pihak-pihak yang mencari keuntungan dengan cara yang tidak bertanggung jawab.”

(Baca: Beberapa Daftar Wilayah yang Mulai dan Sudah Longgarkan PSBB)

Jenius pun melakukan survei untuk melihat perilaku digital savvy dalam menjalani Ramadan dan mempersiapkan Idul Fitri di tengah pandemi. Survei bertajuk Jenius Study: Indonesian Digital Savvy Behavior During Ramadan 2020 dilakukan terhadap 468 digital savvy Indonesia selama bulan April hingga Mei 2020.

Hasil survei menunjukkan bahwa 94% masyarakat digital savvy Indonesia merasakan perubahan kebiasaan selama Ramadan tahun ini. Perubahan tersebut meliputi menjalani Ramadan di rumah (66%), membatalkan rencana bersama keluarga dan teman (23%), dampak ekonomi (8%), dan tidak keluar rumah (4%).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...