Ilmuwan Hong Kong: Kemungkinan Besar Corona Berasal dari Kelelawar

Ameidyo Daud Nasution
14 Mei 2020, 14:49
virus corona, kelelawar, covid-19
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Ilustrasi kelelawar di, Aceh, Jumat (7/2/2020). Para ahli University of Hong Kong menebut kemungkinan besar virus corona datang dari kelelawar.

Polemik penyebab munculnya virus corona covid-19 hingga saat ini masih belum berakhir. Namun beberapa ahli dari University of Hong Kong menemukan bahwa pandemi in kemungkinan besar memang benar-benar datang dari kelelawar.

Studi ini dilakukan sekurangnya 20 ahli mikrobiologi dan bedah dari Fakultas Kedokteran University of Hong Kong. Mereka mereplikasi struktur usus kelelawar ladam Tiongkok (Rhinolophus Sinicus) dan berhasil menginfeksi selnya dengan Covid-19.

"Kelelawar ini mungkin benar-benar tuan rumah asli SARS-CoV-2", kata ahli mikrobiologi University of Hong Kong yakni Dr Yuen Kwok-yung dikutip dari South China Morning Post, Kamis (14/5).

(Baca: Jurus Trump Pukul Tiongkok, Usut Misteri Pasien Pertama Corona Dunia)

Sebelumnya para ahli telah menganalisis sekuens genom dan mengungkapkan bahwa klaster SARS-CoV-2 ditemukan pada kelelawar. Bahkan ada kesamaan 96% pada virus corona BatCoV RaTG13 dan 88% dari dua jenis lainnya.

Ahli dari Unversity of Hong Kong ini berhasil mendesain organoid dari usus kecil (entroid) kelelawar tersebut dan membandingkannya dengan kerja usus manusia. Dari hasil penelitian, keduanya ternyata rentan terhadap Covid-19.

“Usus kecil kelelawar ini sepenuhnya rentan terhadap infeksi SARS-CoV-2 dan mempertahankan replikasi virus yang kuat,” bunyi abstrak penelitian tersebut dikutip dari laman Nature Medicine.

Temuan ini sekaligus mengemukakan bahwa Covid-19 kemungkinan mampu menyerang usus dan tak hanya paru-paru. Meski demikian perlu penelitian lebih lanjut apakah kejadian ini diakibatkan asupan makanan atau reaksi sekunder virus di pernapasan.

“Apakah dari makanan yang terkontaminasi virus, dahak yang ditelan, atau virus yang masuk dari saluran pernapasan ke dalam aliran darah,” kata Yuen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...