Pasokan Bahan Pokok Aman Jelang Lebaran, Mendag Imbau Tak Panic Buying

Image title
14 Mei 2020, 20:44
bahan pokok, pangan, lebaran, kementerian perdagangan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (kanan) menginspeksi salah satu kios pedagang sembako di Pasar Kramat Jati, Jakarta, Rabu (29/4/2020). Pemerintah menjamin ketersediaan bahan pokok aman dan harga-harga relatif stabil jelang Lebaran.

Kementerian Perdagangan atau Kemendag memastikan pasokan bahan pokok tercukupi jelang Lebaran. Selain itu, pemerintah menjamin harga jual barang tidak naik signifikan.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto pun mengimbau masyarakat tidak belanja berlebihan atau panic buying. Aktivitas perdagangan di pasar tradisional dan ritel modern tetap beroperasi normal dengan protokol pencegahan Covid-19.

"Berbelanjalah seperlunya karena saya menjamin seluruh barang tersedia dengan jumlah yang cukup serta harganya terjangkau," kata Agus saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Kamis (14/5).

Selain itu, dia mengimbau masyarakat membeli kebutuhan bahan pangan tanpa meninggalkan rumah dengan berbelanja secara daring. Hal itu untuk mengurangi potensi penularan virus pada uang kertas.

Apalagi seluruh pengunjung ritel modern akan dilarang bertransaksi menggunakan uang tunai. Namun, uang tunai masih dapat digunakan pada pasar tradisional.

"Sesuai dengan imbauan pemerintah untuk beraktivitas dari rumah, masyarakat diminta bertransaksi digital baik melalui Whatsapps, ojek online, dan ecommerce," kata Agus.

(Baca: Antisipasi Krisis Pangan, Pemerintah Diminta Siapkan Pengganti Beras)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...