Tertekan Pandemi, Luhut Optimistis Ekonomi Tahun Ini Bisa Tumbuh 3%

Image title
16 Mei 2020, 08:15
Luhut Binsar Pandjaitan, pertumbuhan ekonomi, pandemi corona, virus corona, covid-19
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut optimistis pertumbuhan ekonomi capai 3% meski ada pandemi corona.

Pemerintah optimistis ekonomi tetap tumbuh pada tahun ini meski ada pandemi corona. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bahkan menyebut pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 3%.

Luhut mengklaim berbagai kebijakan yang disiapkan pemerintah mampu mempertahankan roda perekonomian. Salah satunya mengenai kebijakan hilirisasi. "Nilai tambah hilirisasi itu kan dilakukan supaya dapat pajak tambah, lapangan kerja, dan pendidikan tambah baik," kata Luhut dalam diskusi daring di Radio Republik Indonesia, Jumat (15/5).

Advertisement

Indikator lainnya, adanya ketauladanan yang diberikan pemimpin negeri dalam menghadapi pandemi corona. Hal itu menjadi salah satu indikasi kepercayaan investor asing untuk menanamkan modal di Indonesia.

"Sekarang diakui banyak orang-orang luar negeri. Contohnya tanda tangan investasi tadi malam senilai US$ 2,5 miliar dengan PT Bakrie Capital Indonesia untuk mengembangkan produk methanol agar membantu program B30," kata dia. 

(Baca: Tumbuh Melambat, Utang Luar Negeri RI Kuartal I Tembus Rp 6.371 T)

(Baca: Ragam Proyeksi Kurva Pemulihan Resesi Corona, dari U Sampai Logo Nike)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement