Uji Coba Pertama, Moderna Klaim Vaksinnya Hasilkan Antibodi Corona

Ameidyo Daud Nasution
19 Mei 2020, 14:02
vaksin, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Moch Asim
Penelitian cairan struktur pernafasan (respirasi) kelelawar di Surabaya, Jawa Timur, Senin (10/2/2020). Perusahaan AS Moderna klaim hasil uji coba vaksin corona mereka berjalan dengan baik.

Kabar baik muncul dari hasil uji klinis fase pertama kandidat vaksin virus corona Covid-19 oleh Moderna. Delapan sukarelawan yang menjajal kandidat antivirus perusahaan Amerika Serikat ini berhasil mengembangkan antibodi penetral setara atau melebihi pasien pulih dari corona.

Langkah ini merupakan sebuah kemajuan dalam perlombaan pembuatan vaksin penangkal pandemi. Moderna adalah satu dari delapan kelompok yang saat ini menguji kandidat vaksin virus corona. Institusi lain yang menjajal antivirus adalah Inovio, Pfizer, Universitas Oxford, dan empat lain di Tiongkok. 

"Ini adalah langkah pertama yang sangat penting dalam perjalanan kami menuju vaksin," kata Chief Medical Officer Moderna dr Tal Zaks dikutip dari CNN, Selasa (19/5). Sedangkan uji coba fase pertama ini dilakukan pada 45 sukarelawan. 

(Baca: Rupiah Menguat 0,3%, Terdongkrak Kemajuan Temuan Vaksin Covid-19)

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) saat ini telah memberikan lampu hijau bagi Moderna memulai uji coba fase dua vaksin yang melibatkan ratusan sukarelawan. Perusahaan yang bermarkas di Massachusetts itu juga menargetkan fase ketiga dengan percobaan pada puluhan ribu manusia akan dimulai Juli 2020.

"Kami telah menunjukkan bahwa antibodi ini, respons kekebalan ini, sebenarnya dapat memblokir virus," kata Zaks.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...