Gandeng Peneliti, Menristek Optimistis RI Bisa Hadapi Era 'New Normal'

Rizky Alika
20 Mei 2020, 15:45
new normal, pandemi corona, menristek, normal baru
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro optimistis Indonesia bisa menghadapi era normal baru melalui kerja sama yang baik antara pemerintah, peneliti, perekayasa, inovator, hingga industri.

Pemerintah telah menyiapkan skema bagi daerah untuk dapat memulai normal baru atau new normal pandemi corona. Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro optimistis Indonesia bisa menghadapi era normal baru melalui kerja sama yang baik antara pemerintah, peneliti, perekayasa, inovator, hingga industri.

"Saya optmistis kita bisa melewati pandemi dan menyongsong era new normal di mana ada optimalisasi digital," kata Bambang dalam Peresmian Peluncuran Produk Riset, Teknologi dan Inovasi untuk Percepatan Penanganan Covid-19 secara virtual bersama dengan Presiden Joko Widodo, Rabu (20/5).

Advertisement

Pada era normal baru, lanjut dia, aktivitas ekonomi akan berlangsung dengan pertemuan fisik secara minimal serta diikuti dengan penerapan protokol covid-19. Oleh karena itu, perlu dukungan dari berbagai pihak terhadap inovasi produk Indonesia.

(Baca: Menristek: Corona Punya Daya Tular 20 Kali Lebih Kuat Dibanding SARS)

Menurutnya, inovasi dilakukan dengan mengembangkan suatu produk dan memberikan nilai tambah pada produk tersebut sehingga memberikan manfaat secara ekonomi dan sosial. Pihaknya pun akan mendorong inovasi tersebut agar menjadi bagian dari solusi pandemi covid-19.

"Riset dan inovasi berperan penting dalam pandemi," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement