H-3 Lebaran Jasa Marga Putar Balik 8.013 Kendaraan yang Mau Mudik

Image title
22 Mei 2020, 19:35
kendaraan mudik lebaran, mudik lebaran, lebaran, tol cikarang barat
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Petugas kepolisian membantu membawakan barang-barang milik calon pemudik yang terjaring razia penyekatan di Pintu Tol Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Jasa Marga telah memutar balik 8.013 kendaraan yang diduga akan mudik di Pintu Tol Cikarang Barat 3.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk hingga H-3 Lebaran atau Kamis (21/5) telah memutar balikkan 8.013 kendaraan yang diduga akan mudik. Ribuan kendaraan tersebut dialihkan ke Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat 3 di check point kilometer 31, Jalan Tol Jakarta - Cikampek. Adapun jumlah ini naik dua kali lipat dibanding hari sebelumnya.

General Manager Representatif Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Widiyatmiko Nursejati mengatakan pihaknya melakukan pengawasan terhadap arus lalu lintas orang bersama dengan Kepolisian dan Kementerian Perhubungan. Dari jumlah tersebut, 7.732 adalah kendaraan pribadi dan 281 kendaraan angkutan penumpang.

“Lonjakan jumlah kendaraan yang dikeluarkan ini menimbulkan kepadatan menjelang lokasi check point Pengendalian Transportasi di Km 31 Cikarang Barat pada Jalan Tol Jakarta - Cikampek,” kata dia melalui siaran pers, dikutip Jumat (22/5).

Menurutnya, lonjakan kendaraan yang dikembalikan ke arah Jakarta tersebut bukan mencerminkan adanya peningkatan jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta, namun lebih kepada upaya pengetatan pengawasan kendaraan keluar area Jabotabek dari aparat.

(Baca: Jasa Marga: 367 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta hingga H-3 Lebaran)

Pasalnya, menurut data, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta untuk menuju Jalan Tol Trans Jawa mengalami penurunan.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...