H-3 Lebaran Jasa Marga Putar Balik 8.013 Kendaraan yang Mau Mudik

Penulis: Tri Kurnia Yunianto

Editor: Happy Fajrian

22/5/2020, 19.35 WIB

8.013 kendaraan yang diduga akan mudik tersebut dipaksa putar balik ke arah Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 3.

kendaraan mudik lebaran, mudik lebaran, lebaran, tol cikarang barat
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Petugas kepolisian membantu membawakan barang-barang milik calon pemudik yang terjaring razia penyekatan di Pintu Tol Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Jasa Marga telah memutar balik 8.013 kendaraan yang diduga akan mudik di Pintu Tol Cikarang Barat 3.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk hingga H-3 Lebaran atau Kamis (21/5) telah memutar balikkan 8.013 kendaraan yang diduga akan mudik. Ribuan kendaraan tersebut dialihkan ke Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat 3 di check point kilometer 31, Jalan Tol Jakarta - Cikampek. Adapun jumlah ini naik dua kali lipat dibanding hari sebelumnya.

General Manager Representatif Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Widiyatmiko Nursejati mengatakan pihaknya melakukan pengawasan terhadap arus lalu lintas orang bersama dengan Kepolisian dan Kementerian Perhubungan. Dari jumlah tersebut, 7.732 adalah kendaraan pribadi dan 281 kendaraan angkutan penumpang.

“Lonjakan jumlah kendaraan yang dikeluarkan ini menimbulkan kepadatan menjelang lokasi check point Pengendalian Transportasi di Km 31 Cikarang Barat pada Jalan Tol Jakarta - Cikampek,” kata dia melalui siaran pers, dikutip Jumat (22/5).

Menurutnya, lonjakan kendaraan yang dikembalikan ke arah Jakarta tersebut bukan mencerminkan adanya peningkatan jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta, namun lebih kepada upaya pengetatan pengawasan kendaraan keluar area Jabotabek dari aparat.

 

(Baca: Jasa Marga: 367 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta hingga H-3 Lebaran)

Pasalnya, menurut data, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta untuk menuju Jalan Tol Trans Jawa mengalami penurunan.

”Pantauan kami di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama untuk hari Kamis kemarin, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta untuk menuju Jalan Tol Trans Jawa turun sekitar 43% jika dibandingkan dengan lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal,” kata dia.

Pamendal Pospam Check Point Cikarang Barat Kompol Joko Sutriono menegaskan, penindakan berupa dikeluarkannya kendaraan terindikasi mudik ke gerbang tol terdekat akan terus berlangsung. Proses pengendalian transportasi ini akan berlangsung hingga kondisi kembali kondusif dari wabah.

"Proses lebih lanjut seperti tilang dan menahan kendaraaan juga terus kami terapkan, terutama bagi masyarakat yang nekat untuk menumpang kendaraan travel gelap,” kata Sutriono.

(Baca: Jasa Marga Catat 306 Ribu Kendaraan Keluar Jakarta hingga H-4 Lebaran)

Adapun jumlah kendaraan yang keluar Jakarta sejak H-7 hingga H-3 Lebaran tercatat sebanyak 367.703 atau menurun 61% dibandingkan periode yang sama musim mudik Lebaran tahun lalu. Pemantauan di tiga pintu keluar Jakarta yakni di wilayah selatan, timur dan barat. 

Distribusinya yaitu 39% kendaraan dari arah timur, 35% dari arah barat, dan 26% dari arah selatan. Dari arah timur merupakan lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Reporter: Tri Kurnia Yunianto

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan