Jasa Marga Catat 306 Ribu Kendaraan Keluar Jakarta hingga H-4 Lebaran

Image title
Oleh Ekarina
21 Mei 2020, 15:42
Jasa Marga Catat 306 Ribu Kendaraan Keluar Jakarta hingga H-4 Lebaran.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Sejumlah kendaraan bermotor melintas di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Karawang. Jasa Marga mencatat terjadi penurunan arus lalu lintas kendaraan di sejumah ruas tol saat musim mudik Lebaran.

Operator jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mencatat sejak H-7 hingga H-4 ataunRabu (20/5) lebaran sudah ada sekitar  306.682 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui arah timur, barat dan selatan. Namun, arus arus lalu lintas (lalin) ini menurun 59% di periode Lebaran tahun lalu.

"Sebanyak 40% kendaraan melaju dari arah timur, 35% dari arah barat dan 25% dari arah selatan pada musim mudik lebaran tahun ini," tulis Jasa Marga dalam keterangan resmi, Kamis (21/5).

(Baca: Jasa Marga Prediksi Volume Kendaraan Turun 62% Saat Puncak Arus Mudik)

Lebih lanjut, perusahaan menjelaskan lalin meninggalkan Jakarta dari arah timur merupakan lalin yang berasal dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans Jawa. Sedangkan GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Adapun dengan rincian distribusi lalin sebagai berikut:

Untuk GT Cikampek Utama 1, hingga kemarin sudah terdapat sekitar 68.316 kendaraan, turun sebesar 79% dari Lebaran tahun 2019. Sementara GT Kalihurip Utama 1, tercatat ada 53.292 kendaraan, turun sebesar 56% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...