Belajar dari Kasus Soetta, Kemenhub Perketat Penjagaan di Adi Soemarno

Fahmi Ahmad Burhan
23 Mei 2020, 18:33
Kemenhub memperketat penjagaan di bandara Adi Soemarno, Solo agar tak membeludak seperti di Soetta.
ANTARA FOTO/Fauzan/pras.
Kemenhub memperketat penjagaan di bandara Adi Soemarno, Solo agar tak membeludak seperti di Soetta.

Menjelang Idul Fitri, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperketat aktivitas transportasi di Bandara Adi Soemarmo, Solo. Kemenhub khawatir saat arus balik pasca-lebaran akan ada lonjakan penumpang seperti yang sebelumnya terjadi di Bandara Soekarno Hatta. 

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan pengetatan sudah dilakukan beberapa hari sebelum hari H Idul Fitri. Langkah pengetatan dilakukan sebagai bagian dari instruksi Menteri Perhubungan dan hasil koordinasi dengan berbagai stakeholder untuk mencegah penyebaran covid-19.

"Kami tidak ingin kejadian di Bandara Soekarno Hatta beberapa waktu lalu terjadi lagi di Bandara Adi Soemarmo, Solo," kata Adita dalam siaran pers pada Jumat (23/5). 

Ia mengatakan dalam pengecekan ke Bandara Adi Soemarmo, pihaknya meminta agar pengelola bandara mengantisipasi lonjakan penumpang. Pengelola juga diminta memastikan pelayanan bandara tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Kemungkinan arus balik yang volumenya cukup besar dari Jawa Tengah khususnya dari Solo, sehingga perlu dipersiapkan dengan baik segala sesuatunya," ujar Adita.

(Baca: Antisipasi Mudik Lokal, Kemenhub Perketat Penjagaan di Jabodetabek

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...