Studi di Singapura: Pasien Corona Setop Tularkan Virus setelah 11 Hari

Desy Setyowati
26 Mei 2020, 14:29
Peneliti: Pasien Corona Berhenti Tularkan Virus Setelah 11 Hari
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/hp.
Petugas melakukan pemeriksaan cepat Covid-19 (Rapid Test) kepada pengunjung dan pedagang pasar tradisional Banyuwangi di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (23/5/2020).

Hasil penelitian di Singapura menunjukkan bahwa orang yang terinfeksi Covid-19 sudah menularkan virus corona dua hari sebelum gejalanya muncul. Setelah 11 hari, mereka tak lagi menjadi infeksius.

Studi tersebut melibatkan 73 pasien yang terjangkit Covid-19. Penelitian dilakukan sejak adanya pandemi corona di Singapura.

"Replikasi virus aktif turun dengan cepat setelah minggu pertama. Virus tidak ditemukan setelah minggu kedua sakit,” kata Direktur eksekutif NCID Leo Yee Sin dikutip dari Express.co.uk, Senin (25/5). "Secara ilmiah, saya sangat yakin, ada cukup bukti bahwa orang tersebut tidak lagi menularkan (virus) setelah 11 hari."

(Baca: Thailand Akan Produksi Vaksin Corona Murah untuk Pasar Asia Tenggara)

Hal senada disampaikan oleh ahli penyakit menular, Dr Asok Kurup. "Studi masih berlangsung dan kami akan mendapatkan lebih banyak data. Tetapi kami akan melihat hal yang sama, karena ada banyak ilmu dalam hal ini,” ujar dia.

Dikutip dari Straits Times, berdasarkan kajian tersebut, pasien terinfeksi virus corona semestinya bisa pulang setelah 11 hari dirawat dan diisolasi. Kecuali, pasien juga menderita penyakit lain yang harus diobati secara intensif.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...