Anies Bahas Peluang PSBB Jakarta Berakhir 4 Juni, Masuk ke New Normal

Agatha Olivia Victoria
25 Mei 2020, 18:27
anies baswedan, jakarta, psbb, pandemi corona, virus corona, covid-19, new normal
ANTARA FOTO/Dewanto Samodro
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang juga Kepala BNPB Doni Monardo (kanan) di Jakarta, Rabu (18/3/2020). Anies menyebut 60% warga Jakarta berada di rumah selama PSBB.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 4 Juni 2020 merupakan fase menentukan. Jika angka pasien Covid-19 turun, warga Jakarta bisa masuk fase new normal

Menurut Anies, jika masyarakat bisa tertib, PSBB Jakarta kemungkinan dicabut pada 4 Juni mendatang. "Sehingga kita bisa melakukan transisi menuju kehidupan normal baru,"kata Anies dalam konferensi video, Senin (25/5).

Sebaliknya, jika angka penularan Covid-19 di Jakarta masih meningkat, PSBB akan dilanjutkan kembali. Berdasarkan hasil penelitian Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 60% warga ibu kota tak bepergian selama PSBB. 

Selain itu, tercatat pengguna kendaraan pribadi di Jakarta turun 45%. Kemudian, penumpang MRT hanya mencapai 5% dan bus sebesar 10%-12% dari kapasitas.

Di sisi lain, Anies mengingatkan masyarakat yang telah bepergian ke luar Jakarta agar tidak kembali ke ibu kota. Jika memang memiliki kepentingan di Jakarta, orang tersebut harus membawa persayaratan lengkap saat memasuki wilayah Jakarta.

"Jika tidak, silakan pulang kembali," katanya.

(Baca: Video: Bagaimana New Normal di Tengah Pandemi Corona ? )

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...