Pengembangan 5 Daerah Wisata Superprioritas Berjalan di Tengah Pandemi

Dimas Jarot Bayu
29 Mei 2020, 18:42
Penataan 5 Destinasi Super Prioritas Terus Jalan Meski Ada Pandemi.
ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Wisatawan menyaksikan matahari terbit pertama tahun 2020 di candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (1/1/2020). Kementerian PUPR menyatakan bakal tetap melanjutkan penataan lima destinasi wisata prioritas meski ada pandemi corona.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan Proyek Strategis Nasional (PSN) lima destinasi wisata superprioritas tetap berjalan meski ada pandemi corona. Pengerjaan PSN lima destinasi wisata superprioritas ini dikejar dengan harapan akan pulih lebih cepat.

"Setelah pandemi, ini jadi yang paling cepat bisa rebound," ujar Basuki usai rapat terbatas melalui konferensi video, Jumat (29/5).

Kelima destinasi wisata tersebut, antara lain Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Likupang di Sulawesi Utara.

(Baca: Wishnutama Sebut Pariwisata Bali Berpotensi Dibuka saat New Normal)

Basuki mengatakan, Kementerian PUPR telah menanggarkan Rp 6,4 triliun untuk PSN lima destinasi wisata super prioritas tersebut pada tahun ini. Dari jumlah tersebut, pemerintah sudah meneken kontrak pengerjaannya senilai RP 5,1 triliun.

Dengan telah ditekennya kontrak tersebut, Basuki menyebut pengerjaan PSN lima destinasi wisata super prioritas ini bisa dimulai pekan ini. "Contohnya di Danau Toba, kegiatannya adalah (penataan) Pantai Parapat, penataan kawasan Huta Siallagan di Samosir, termasuk yang lain-lain. Ini belum termasuk perbaikan jalan, gapura, pasar," kata Basuki.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...