Chatib Basri Peringatkan Persoalan Ekonomi saat Fase Normal Baru

Agatha Olivia Victoria
4 Juni 2020, 06:00
Chatib Basri Ungkap Beragam Persoalan dalam Fase Normal Baru.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Keuangan 2012- 2013 Muhammad Chatib Basri. Dia menjelaskan sejumlah permasalahan berpotensi muncul saat fase normal baru.

Pemerintah berencana menerapkan tatanan normal baru atau new normal guna membangkitkan kembali perekonomian di tengah pandemi corona. Namun, rencana tersebut di sisi lain juga berpotensi menimbulkan permasalahan baru.

Ekonom Senior sekaligus Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri mengungkapkan beberapa permasalahan yang akan terjadi saat penerapan new normal. "Persoalan yang akan muncul setelah new normal  antara lain adalah faktor daya beli," ujar Chatib dalam konferensi video, Rabu (3/6).

Chatib menilai, meski banyak sektor yang kembali beroperasi saat new normal, daya beli masyarakat masih akan menurun. Ini dikarenakan sebagian masyarakat ada yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) maupun pemotongan upah selama pandemi. Sehingga, pendapatan mereka hilang atau berkurang.

(Baca: Bicara Data Chatib Basri: Prediksi Dampak dan Periode Krisis Covid-19)

Dia pun mencontohkan kasus seperti yang terjadi di Tiongkok. "Mereka kelebihan produksi, sedangkan tidak ada yang beli karena orang kehilangan pendapatan berbulan-bulan," katanya.

Oleh sebab itu, dia mengingatkan pentingnya kebijakan fiskal saat penerapan new normal. Pemerintah, harus memompa ekonomi dengan stimulus pada saat era normal baru nantinya diterapkan.

"Sehingga kalau pemerintah berpikir dengan new normal beban fiskal akan menurun, pandangan saya lain," ujar dia.

Selain permasalahan daya beli, Chatib juga menyebut permasalahan lain yang bepotensi timbul usai penerapan new normal  yakni terkait ketimpangan, berupa perbedaan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah dan masyarakat berpenghasilan tinggi.

Kelompok masyarakat berpenghasilan tinggi, bisa saja memilih untuk tinggal di rumah dalam menghindari Covid-19. Kelompok ini dinilai masih memiliki tabungan yang cukup meski kehilangan pendapatan akibat memilih berdiam diri di rumah atau tak bekerja penuh.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...