Bertambah 703 Kasus, Positif Corona di Indonesia Capai 29.521 Orang

Dimas Jarot Bayu
5 Juni 2020, 16:43
Bertambah 703, Kini Total Kasus Corona di Indonesia Capai 29.521 Orang.
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp.
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyampaikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta. Menurut keterangannya, total masyarakat yang terinfeksi Covid-19 sampai dengan saat ini telah mencapai 29.521 orang.

Pemerintah mencatat kasus positif virus corona hingga, Jumat (5/6) masih terus bertambah. Berdasarkan data, hari ini terdapat 703 kasus corona baru, sehingga total masyarakat yang terinfeksi Covid-19 sampai dengan saat ini telah mencapai  29.521 orang.

Angka ini didapatkan dari 13.333 uji spesimen melalui polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM). Total spesimen yang telah diperiksa hingga hari ini mencapai 380.973.

Selain itu, pemerintah juga mengumumkan tambahan pasien yang sembuh dari corona sebanyak 551 orang. Dengan demikian, secara keseluruhan, ada 9.443 orang yang telah sembuh dari corona di Indonesia.

(Baca: Simalakama New Normal dan Gejolak Seniman Pertunjukan Meresponnya)

Advertisement

"Kasus meninggal naik 49 orang, sehingga totalnya 1770 orang," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Covid-19 Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (5/6).

Yurianto menjelaskan, tambahan kasus corona terbanyak hari ini berasal dari Jawa Timur, yakni sekitar 141 orang. Posisi kedua disusul DKI Jakarta dengan angka penambahan kasus coronanya sebanyak 71 orang.

Di Kalimantan Selatan, ada tambahan 71 orang yang dinyatakan positif corona. Kemudian, ada tambahan 58 orang yang dinyatakan positif corona di Jawa Tengah. Sementara itu, ada tambahan 54 orang yang terinfeksi corona di Sulawesi Selatan.

(Baca: Pemerintah Targetkan Peneliti Temukan Vaksin Covid-19 pada Akhir 2020)

Kemudian, ada sembilan provinsi yang melaporkan kenaikan kasus coronanya di bawah 10 orang. "Ada tiga provinsi yang hanya melaporkan dua kasus baru, empat prov yang melaporkan masing-masing hanya satu kasus baru, dan enam provinsi yang tidak ada kasus baru," kata Yurianto.

Adapun, Yurianto menyebut 49.320 orang saat ini masih dalam pemantauan. Sedangkan, 13.592 orang saat ini dalam kategori pasien dalam pengawasan (PDP).

“Sudah 420 kabupaten/kota yang terdampak di 34 provinsi,” ujar Yurianto.

Adapun detail mengenai data penyebaran wabah corona hingga hari ini bisa dilihat dalam databoks berikut:

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement