Harga Emas Dunia Melesat, Logam Mulia Antam Hanya Naik Rp 1.000/Gram

Agustiyanti
5 Juni 2020, 09:10
harga emas, harga emas hari ini, harga emas antam, dolar as
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Ilustrasi. Harga penjualan emas Antam hari ini naik Rp 2.000 menjadi Rp 778 ribu per gram.

Harga emas Antam hari ini naik Rp 1.000 menjadi Rp 888 ribu per gram. Logam mulia Antam naik tipis meski harga emas dunia melesat hingga lebih dari 1%. 

Dikutip dari Reuters, harga emas pagi ini masih menanjak 0,25% ke posisi US$ 1.714,83 per ons setelah tadi malam ditutup naik lebih dari 1%. Sementara harga emas berjangka pagi ini tak bergerak dari posisi US$ 1.718,9 per ons.

Advertisement

Selain dipengaruhi oleh harga emas dunia, harga emas Antam juga dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah. Mengutip Bloomberg, kurs rupiah pagi ini kembali menguat 0,14% ke posisi Rp 14.075 per dolar AS.

Kenaikan harga emas terjadi seiring pelemahan dolar AS dan reli bursa saham Wall Street yang terhenti akibat data perdagangan AS yang suram.

(Baca: Kematian Akibat Corona di AS Diproyeksi Capai 127 Ribu pada Bulan Ini)

Defisit perdagangan AS naik pada April seiring ekspor yang jatuh ke level terendah dalam 10 tahun terakhir. Indeks dolar telah melemah dari 1,5% pada pekan ini, membuat harga emas lebih murah untuk pemegang mata uang lainnya.

Namun, kenaikan harga emas tertahan oleh data klaim pengangguran AS di bawah 2 juta orang untuk pertama kalinya sejak pertengahan Maret. Meski menurun, data tersebut masih cukup tinggi.

Investor saat ini tengah menunggu data penggajian nonpertanian. Sementara itu, Bank Sentral Eropa menyetujui ekspansi lebih besar dari perkiraan awal paket stimulusnya.

(Baca: Turun 2%, Seluruh Emiten di Bursa Catat Laba Rp 403 Triliun pada 2019)

Di dalam negeri, harga emas Antam naik untuk seluruh jenis produk berdasarkan bobot. Harga penjualan kembali emas Antam juga naik sebesar Rp 2.000 menjadi Rp 778 ribu per gram.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement