Laba Tahun Lalu Semua Emiten di Bursa Rp 403 Triliun, Dua Sektor Turun

Agustiyanti
5 Juni 2020, 06:55
bursa efek indonesia, laba bersih, pendapatan emiten, emiten di bursa efek
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Ilustrasi. Sebanyak 501 Perusahaan atau sekitar 80% dari total emiten yang sudah menyampaikan laporan keuangan mencatatkan laba bersih.

Total laba bersih tahun lalu semua emiten yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia mencapai Rp 403 triliun. Jumlah ini turun Rp 8 triliun atau 2% dibanding tahun sebelumnya. 

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna menjelaskan bahwa data tersebut diambil perusahaan yang per 2 Juni 2020 sudah menyampaikan laporan keuangan audit 2019. Total ada 634 perusahaan atau 90,31% dari total seluruh perusahaan yang mencatatkan saham, obligasi, atau sukuk.

Advertisement

Penurunan laba bersih emiten di pasar modal tersebut, berasal dari dua sektor. Pertama, sektor industri dasar dan kimia dengan penurunan laba bersih Rp 17 triliun. Kedua, sektor pertambangan, dengan penurunan laba Rp 12 triliun.

(Baca: Pengusaha Sebut Pelonggaran PSBB Angin Segar untuk Perekonomian)

Total laba bersih emiten di pasar modal pada tahun lalu paling besar disokong oleh perusahaan yang berasal dari sektor finansial. Sektor ini meraup laba bersih dengan total mencapai Rp 165 triliun yang berasal dari 115 perusahaan.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement