Kembali Cetak Rekor Harian, Sebanyak 551 Pasien Sembuh dari Corona

Dimas Jarot Bayu
5 Juni 2020, 17:42
Kembali Cetak Rekor, Sebanyak 551 Pasien Sembuh dari Corona Hari Ini.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz
Petugas medis menyiapkan fasilitas baru untuk pasien anak yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Kamis (30/4/2020). Jumlah kasus kesembuhan Covid-19 kembali mencetak rekor.

Jumlah pasien yang sembuh dari virus Covid-19 secara harian kembali mencetak rekor. Pada Jumat (5/6), pemerintah menyatakan ada tambahan 551 orang yang telah sembuh dari wabah virus corona.

“Sehingga (pasien yang sembuh) totalnya menjadi 9443 orang,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Covid-19 Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jumat (5/6).

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, tambahan pasien sembuh terbanyak berasal dari Jakarta yakni 144 orang. Sedangkan tambahan terbesar kedua dengan jumlah 118 kasus kesembuhan berasal dari Jawa Timur.

(Baca: Bertambah 703, Total Kasus Corona di Indonesia Capai 29.521 Orang)

Adapun tambahan kasus sembuh lainnya sejumlah masing-masing 45 orang berada di Bali dan Jawa Barat Kemudian, tambahan 35 pasien sembuh lainnya juga ada di Jawa Tengah, lalu 34 pasien  di Sulawesi Selatan.

“Sumatera Barat ada 13 kasus baru, namun 21 orang sembuh,” kata Yurianto.

Berikutnya, tambahan 17 pasien yang sembuh masing-masing di Sumatera Selatan dan Papua Barat. Sebanyak 15 pasien yang sembuh berada di Kalimantan Barat, 9 pasien di Sulawesi Tenggara dan Maluku.

Di Sulawesi Tengah, pasien yang sembuh dari corona bertambah 8 orang, diikuti Lampung dengan tambahan 6 orang dan 5 pasien lain yang sembuh dari corona masing-masing di Bali, Bangka Belitung, dan Kalimantan Utara.

Adapun tambahan 3 pasien lain tercatat ada di Kalimantan Selatan. Sementara di Sulawesi Barat dan Riau, pasien yang sembuh dari corona bertambah 1 orang.

Lebih lanjut, Yurianto menyatakan ada tambahan 49 orang yang meninggal dunia pada hari ini. "Sehingga totalnya 1.770 orang," kata dia.

Untuk diketahui, ada tambahan 703 kasus corona yang diumumkan pada hari ini, sehingga totalnya 29.521 orang yang terinfeksi virus tersebut.

Angka ini didapatkan dari 13.333 uji spesimen melalui polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM). Total spesimen yang telah diperiksa hingga hari ini mencapai 380.973.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...