Pengemudi Ojol Diimbau Tak Asal Semprot Disinfektan ke Kendaraan

Fahmi Ahmad Burhan
8 Juni 2020, 20:40
ojek online, disinfektan, penyemprotan disinfektan
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Pengemudi ojek online mengangkut penumpang di Shalter Kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pemerintah telah memperbolehkan ojek online mengangkut penumpang per tangga 8 Juni 2020 pada masa Transisi Fase I.

Asosiasi Gabungan Aksi Roda Dua dan pakar transportasi mengimbau pengemudi ojek online tak sembarangan menyemprotkan disinfektan tidak dilakukan sembarangan lantaran dapat menimbulkan kebakaran.

Ketua Garda Indonesia Igun Wicaksono mengatakan, pengemudi ojek online memang harus menyemprotkan ojek online guna mencegah penyebaran virus corona. Namun, penyemprotan tak boleh dilakukan secara sembarangan karena dapat berisiko. 

"Jangan disemprot oleh orang tidak berpengalaman, terutama pada kendaraan, bisa jadi ada kebocoran kelistrikan dan panas pas kena mesin," kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (8/6). 

Aplikator saat ini menyediakan layanan penyemprotan disinfektan untuk kendaraan mitra pengemudi. Namun, banyak pengemudi yang menyemprotkan disinfektan sendiri pada kendaraannya. 

"Masih banyak yang menyemprotkan asal-asalan. Artinya hanya sekadar menyemprot saja, namun tidak memenuhi aturan keselamatan," ujar dia.

(Baca: Aturan Ganjil-Genap Motor saat PSBB Transisi Jakarta Jadi Polemik)

Oleh karena itu, ia menyarankan pemerintah melalui Gugus Tugas Covid-19 atau Kementerian Kesehatan membuat prosedur baku dalam proses penyemprotan disinfektan. "Seperti apa penyemprotan yang benar. Satu berbading berapa dengan air. Penyemprotan tidak boleh pada bagian apa saja. Tidak boleh pada makhluk hidup, misalnya" jelas dia.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan melalui surat edaran menyebut penyemprotan disinfektan sebaiknya hanya dilakukan pada benda atau barang saja. Penyemprotan langsung pada tubuh tidak dianjurkan karena dapat berbahaya. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...