Erick Thohir Prediksi Dividen BUMN Anjlok 50% pada 2021 Akibat Corona

Image title
9 Juni 2020, 21:29
bumn, erick thohir, menteri bumn, pandemi corona
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan BUMN akan menurunkan dividen yang dibagikan tahun depan untuk menjaga arus kas keuangan di tengah penurunan pendapatan akibat pandemi corona.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara memperkirakan dividen yang dibagikan oleh perusahaan pelat merah pada 2021 anjlok 50% dibandingkan tahun ini. Predisi ini seiring penurunan kinerja BUMN kuartal I 2020.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, penurunan kinerja tersebut terkait dengan terganggunya 90% bisnis BUMN di tengah pandemi Covid-19. Hanya ada 10% BUMN di sektor tertentu yang kinerjanya tetap baik di tengah pandemi, seperti kesehatan, teknologi, dan pangan.

Advertisement

"Kami optimis, dengan efisiensi bisa tingkatkan dividen. Tapi dengan 90% terganggu oleh corona, pada 2021, dividen mungkin seperempat (dari target)," kata Erick dalam rapat dengan Komisi VI DPR di Jakarta, Selasa (9/6).

(Baca: Erick Thohir Bakal Pangkas Jumlah BUMN Hingga Tersisa 70 Perusahaan)

Menurut Erick, penurunan dividen akan dilakukan BUMN untuk menjaga arus kas perusahaan. Laba bersihnya tidak diberikan menjadi dividen, melainkan ditahan untuk arus kas perusahaan.

Erick memberikan contoh, PT Kereta Api Indonesia atau KAI pada tahun lalu membukukan laba Rp 2,5 triliun. Namun, karena pendapatannya turun hingga 90% saat ini  akibat operasionalnya dibatasi, keuntungannya tak akan dibagikan menjadi dividen. "Tapi untuk menjaga cashflow ke tahun depan," katanya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement