Tiga Kunci Sukses Startup Bertahan dari Dampak Pandemi Corona

Cindy Mutia Annur
12 Juni 2020, 20:45
startup, bicara data katadata, normal baru, pandemi corona, dampak covid 19
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Pameran startup teknologi. Ada tiga hal yang harus dilakukan startup untuk bisa bertahan dari pandemi corona dan masa new normal.

Bisnis sejumlah perusahaan rintisan atau startup di Tanah Air terdampak pandemi corona, bahkan tak sedikit dari mereka yang bangkrut. Setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan startup untuk bertahan dari pandemi, terutama saat mulai memasuki era normal baru, menurut Presiden Komisaris SEA Group, Pandu Sjahrir.

Pertama, perusahaan harus memahami apabila ada perubahan yang terjadi pada sektor bisnisnya. Pandu mengatakan bahwa untuk mendapatkan pandangan terkait dampak pandemi terhadap bisnis dari berbagai sisi, startup harus berdiskusi dengan para pakar, kompetitor, maupun stakeholder.

Advertisement

"Apa pun bisnis Anda, coba lihat bagaimana perubahan itu akan memberikan efek pada bisnis Anda yang terkait," ujar Pandu dalam Bicara Data Virtual Series bertajuk 'Episode Baru Bisnis Startup Akibat Covid-19' yang digelar Katadata.co.id, Jumat (12/6).

(Bicara Data: Episode Baru Bisnis Startup Akibat Covid-19)

Kedua, startup harus belajar beradaptasi dengan struktur organisasi perusahaan apabila ada sisi yang terdampak. Untuk itu, lanjut Pandu, perusahaan perlu meninjau lebih dalam terkait dampak Covid-19 dari sisi sumber daya manusia (SDM), modal, alokasi dana perusahaan, dan sebagainya.

"Seperti apakah bentuknya (adaptasi baru perusahaan)? Apakah perusahaan benar-benar sudah siap (untuk berubah)?" ujar Pandu.

Dia mencontohkan, sebuah startup bakal memfokuskan bisnisnya pada jenis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tertentu. Namun, menurut Pandu, perusahaan perlu meninjau lebih lanjut kesiapan atas perubahan tersebut mulai dari SDM, teknologi, ataupun platform yang bakal mereka gunakan nantinya.

Ketiga, setelah startup mengetahui arah bisnisnya maka mereka perlu mencari tahu siapa para investor yang tepat dan berapa jumlah pendanaan yang mereka butuhkan untuk menjalankan perubahan dalam bisnisnya.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement