Harga Emas Dunia Naik, Logam Mulia Antam Justru Turun Jadi Rp 895 Ribu

Image title
17 Juni 2020, 09:12
harga emas, covid-19, pandemi corona, virus corona
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi, emas batangan PT Aneka Tambang Tbk. di Butik Emas Logam Mulia, Jakarta, Senin (9/12/2019). Harga emas pada hari ini naik tipis seiring meningkatnya kasus virus corona di Beijing.

Harga emas kembali melambung pada perdagangan yang berakhir Selasa (16/6). Hal itu dipicu kekhawatiran terhadap gelombang kedua virus corona

Pemerintah Kota Beijing akhirnya meningkatkan level darurat Covid-19 dari level II menjadi III. Pasalnya, ada lebih dari 100 kasus positif dalam beberapa hari terakhir.

"Harga Emas naik setelah Beijing secara cepat memperketat aturan, dengan menutup sekolah dan mengimbau warga tidak meninggalkan kota apabila tak ada keperluan mendesak," kata Market Strategist di RJO Futures dikutip dari Reuters pada Rabu (17/6).

Di sisi lain, fundamental harga emas cukup kuat dengan suku bunga rendah dan ketidakpastian berakhirnya pandemi corona. Ditambah dengan aksi ambil untung dari penurunan harga emas beberapa hari terakhir.

"Setiap kali harga jatuh, sepertinya investor melihat ada kesempatan membeli (emas)," ujar ActicTrades Chief Analyst Carlo Alberto De Casa.

(Baca: Harga Emas Turun Karena Dolar AS, Logam Mulia Antam Dijual Rp 898 Ribu)

(Baca: Pasar Cemas Pemulihan Ekonomi Lambat, Harga Emas Naik ke US$ 1.733,45)

Berdasarkan data Bloomberg pada hari ini pukul 07.32 WIB, harga emas di pasar spot naik 0,11% menjadi US$ 1.728,39 per ounce. Sedangkan di Bursa Comex, harga emas turun tipis 0,03% menjadi US$ 1.736 per ounce.

Harga logam mulia Antam pada hari ini juga turun Rp 3 ribu menjadi Rp 895 ribu per gram. Sedangkan harga jual kembali di Butik Emas Pulo Gadung pada hari ini pukul 08.48 WIB turun Rp 3 ribu menjadi Rp 784 ribu per gram.

Adapun harga emas Antam berdasarkan bobot yang dijual di Butik Emas Pulo Gadung seperti dilansir www.logammulia.com pada hari ini, sebagai berikut:

Emas batangan 0,5 gram Rp 477.500

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...