Atasi Krisis Corona, Sandiaga Uno Minta Pemulihan UMKM Diprioritaskan

Rizky Alika
19 Juni 2020, 20:42
Atasi Krisis Corona, Sandiaga Uno Minta Pemulihan UMKM Diprioritaskan.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra./pd
Pengusaha Sandiaga Uno tengah menyampaikan paparan dalam sebuah forum. Sandiaga meminta pemerintah tetap memprioritaskan UMKM selama pandemi corona.

Pendiri OK OCE, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pemulihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu menjadi prioritas dalam menghadapi krisis Covid-19. Menurutnya, UMKM berperan penting karena mampu bertahan di tengah krisis. 

"Setiap krisis kita bertahan karena peran UMKM yang besar. Krisis kali ini UMKM akan menunjukkan perannya lagi," kata dia dalam Webinar OK OCE, Jumat (19/6).

Sandiaga mengatakan, bangsa Indonesia perlu menata ulang sektor yang menjadi prioritas. Hal ini dapat dilakukan dengan mengutamakan UMKM yang memiliki peranan besar.

(Baca: Pemerintah Siapkan Enam Langkah Bangkitkan UMKM Setelah Pandemi Corona)

Berbeda dengan kondisi krisis pada 1998, pada masa pandemi corona, UMKM terkena hantaman paling awal. Sandiaga memproyeksikan bahwa 47% UMKM telah berhenti beroperasi. Sementara, 53% UMKM lainnya tetap buka dengan omzet yang sudah menurun jauh.

"Jadi ini langsung menghantam ekonomi keluarga karena kehilangan mata pencaharian," ujar dia.

Adapun pemerintah bisa mengembalikan kinerja UMKM tersebut dengan memberikan insentif yang tepat sasaran. Dia pun berpendapat, insentif yang diberikan pemerintah saat ini untuk membantu UMKM sudah tepat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...