Okupansi Hotel Akhir Pekan Naik 30% di Masa Transisi PSBB

Image title
22 Juni 2020, 14:48
Ilustrasi, pekerja membersihan kamar dengan disinfektan. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyebutkan, tingkat okupansi hotel di akhir pekan naik 30% pada fase transisi PSBB.
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/pras.
Ilustrasi, pekerja membersihan kamar dengan disinfektan. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyebutkan, tingkat okupansi hotel di akhir pekan naik 30% pada fase transisi PSBB.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyebutkan, tingkat okupansi hotel di daerah-daerah penyangga DKI Jakarta meningkat 30% di akhir pekan. Meski demikian, kenaikan ini dinilai belum dapat memperbaiki kinerja sektor perhotelan secara keseluruhan.

Wakil Ketua PHRI Maulana Yusran mengatakan, kenaikan okupansi hotel terjadi seiring dengan diberlakukannya kebijakan masa transisi pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Namun, ia masih meragukan sektor perhotelan mampu pulih cepat, sebab okupansi di hari biasa masih rendah.

Ia menambahkan, di hari biasa okupansi hotel menurun drastis karena belum digunakannya ruangan hotel untuk pertemuan-pertemuan bisnis. Padahal, jasa tersebut merupakan kontributor terbesar tingkat okupansi hotel.

"Untuk okupansi pertemuan-pertemuan bisnis saat ini sama sekali tidak bergerak. Kalau mengandalkan orang liburan, saya tidak yakin okupansi akan tinggi, rata-rata ada okupansi 20%-30% ini sudah sangat tinggi saat ini," kata Yusran, kepada Katadata.co.id, Senin (22/6).

Menurut dia, okupansi hotel tertinggi berada di kawasan wisata Puncak Bogor, Jawa Barat. Sebab, warga Jakarta lebih sering menghabiskan waktu akhir pekannya untuk berlibur ke daerah tersebut lantaran aksesnya yang tidak terlalu jauh dan tidak membutuhkan biaya tambahan.

(Baca: Dampak Corona, Kadin Prediksi Bisnis Perhotelan Baru Pulih Pada 2023)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...