Fokus Pemulihan Imbas Covid, Kemenhub Usulkan Anggaran Rp 41,3 T

Image title
23 Juni 2020, 15:04
Fokus Pemulihan Imbas Covid, Kemenhub Usulkan Anggaran Rp 41,3 T .
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) berbincang dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) sebelum mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi V DPR, Kemenhub mengajukan anggaran Rp 41,3 triliun pada 2021.

Kementerian Perhubungan (Kememhub) mengusulkan pagu anggaran indikatif di tahun 2021 sebesar Rp 41,3 triliun. Anggaran ini bakal difokuskan untuk empat program pemulihan ekonomi pascapandemi virus corona

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, alokasi anggaran tersebut antara lain akan difokuskan untuk pemulihan industri, pariwisata, dan investasi. Selain itu, dia pun menyebut terdapat program reformasi sistem kesehatan nasional, reformasi sistem jarring pengamanan sosial dan reformasi sistem ketahanan bencana dari alokasi anggaran.  

“Program kami mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 dan sesuai dengan renstra (rencana strategis),” tutur Budi Karya dalam rapat kerja virtual bersama Komisi V DPR RI di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (23/6).

(Baca: Ada Permenhub Baru, Keluar Masuk Jakarta Tetap Perlu Kantongi SIKM)

Secara rinci,  pagu anggaran tersebut menurutnya akan dialokasikan untuk belanja pegawai sebesar Rp 3,9 triliiun, belanja barang operasional Rp 2,8 triliun dan belanja barang non-operasional sebesar Rp 34,5 triliun. Sedangkan pendanaan Kementerian bersumber dari rupiah murni sebesar Rp 30,2 triliun, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 3,3 triliun, Badan Layanan Umum (BLU) Rp 1,6 triliun, PIN Rp 806 miliar dan SBSN Rp 5,3 triliun.

Pada rencana kegiatan anggaran (RKA), Kemenhub akan memperioritaskan pembangunan Terminal A di 18 lokasi. Selain itu, pada sektor transportasi darat ada juga program penyelenggaraan keperintisan angkutan jalan dan penyeberangan, subsidi angkutan umum perkotaan.

"Selanjutnya, pembangunan tujuh unit kapal penyeberangan perintis dan peningkatan sertifikasi registrasi uji tipe elektronik," kata Budi Karya.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...