Kembali Melonjak, Kasus Corona di AS Bertambah 40.870 dalam Sehari

Agustiyanti
27 Juni 2020, 09:04
amerika serikat, kasus virus corona, pandemi corona, kematian akibat corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Blake/foc/dj
Ilustrasi. Amerika Serikat saat ini menjadi negara dengan jumlah kasus dan kematian tertinggi akibat virus corona.

Jumlah kasus baru virus corona di Amerika Serikat kembali melonjak, mencatatkan rekor tertinggi selama pandemi sebanyak 40.870. Total kasus postif Covid-19 di AS kini mencapai 2,47 juta, berdasarkan perhitungan Reuters.

Rekor baru jumlah kasus positif ini muncul seiring lonjakan kasus yang kembali terjadi di sejumlah negara bagian AS. Wilayah-wilayah tersebut pun kembali memberlakukan pengetatan dan menutup sejumlah bisnis yang semula dilonggarkan dalam rangka mendorong kembali ekonomi.

Advertisement

Gubernur Greg Abbot memerintahkan bar di Texas tutup pada tengah hari dan mengharuskan restoran membatasi kapasitas tempat duduk dalam ruangan hanya 50%. Pengumuman Abbot mengejutkan para pemilik bar Texas yang tak mendapatkan banyak informasi.

Mark Martinez, pemilik taman bir Lubbock, baru mengetahui pengumuman ini ketika teman-temannya mengiriminya berita sekitar pukul 8 pagi.

"Saya menghabiskan ribuan dolar dalam persediaan untuk akhir pekan ini. Padahal, saya dapat menggunakan uang itu untuk membayar sewa yang jatuh tempo minggu depan," kata Martinez.

(Baca: Peneliti Inggris Temukan Kerusakan Otak pada Pasien Covid-19)

Tish Keller, pemilik Triple J Chophouse dan Brew Co. di pusat kota Lubbock mengatakan, pembatasan kapasitas hanya 50% membuatnya tak memiliki cukup bisnis untuk membayar staf, apalagi tagihan.

Keller mengatakan dia tidak tahu berapa lama bisa tetap membuka bisnis di bawah aturan baru dan takut mencoba menyelamatkan bisnisnya dari kehancuran dua kali dalam satu tahun.

Florida mengeluarkan aturan baru setelah mencatat 8.942 kasus Covid-19 baru yang mengejutkan. Tambahan kasus harian tersebut melewati rekor yang sebelumnya dicatatkan oleh negara bagian tersebut pada 24 Juni 2020 sebanyak 5.511.

Gubernur California Gavin Newsom mengatakan pada hari Jumat bahwa Imperial County, sebelah timur Los Angeles, telah menjadi begitu kewalahan oleh virus tersebut sehingga negara merekomendasikan untuk mengeluarkan perintah baru untuk tetap tinggal di rumah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement