Ilmuwan Tiongkok Temukan Flu Babi Jenis Baru, Berpotensi jadi Pandemi

Ameidyo Daud Nasution
30 Juni 2020, 19:12
flu babi, tiongkok, virus
ANTARA FOTO/Arnas Padda
Ilustrasi penelitian di sebuah laboratorium. Para peneliti Tiongkok dalam penelitian yang dipublikasikan Senin (30/6) menemukan jenis flu babi baru yang berpotensi jadi pandemi.

Para peneliti di Tiongkok menemukan jenis flu babi baru yang berpotensi menjadi pandemi. Virus yang dinamakan G4 EA H1N1 itu disebut mirip dengan penyakit yang sama ketika merebak tahun 2009 lalu namun memiliki karakter berbeda.

Hal tersebut disampaikan 23 ahli dari dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America (PNAS) yang dipublikasikan hari Senin (29/6).

Dari 23 ahli, sebanyak 22 orang merupakan ilmuwan di perguruan tinggi Tiongkok. Meski saat ini belum menjadi ancaman dunia, namun para ahli masih mengawasi potensi bahaya yang ditimbulkan.

"Saat ini kami terganggu dengan virus corona. Tetapi tidak boleh melupakan virus baru yang berpotensi berbahaya," kata salah satu ahli yang ikut dalam penelitian itu, Prof. Kin-Chow Chang dilansir dari BBC, Selasa (30/6).

(Baca: Video: Data Terbaru Kasus Corona di Indonesia per 30 Juni 2020)

Para peneliti mengambil 30 ribu tes usap dari babi di rumah jagal yang berada di 10 Provinsi Tiongkok. Mereka lalu mengisolasi 179 virus flu dari hewan tersebut dan mengidentifikasi jenis patogen dominan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...