Pemerintah Targetkan Vaksin Corona RI Produksi Massal Pertengahan 2021

Ameidyo Daud Nasution
7 Juli 2020, 19:18
vaksin corona, covid-19, virus corona
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Rak berisi vaksin di Rumah Vaksin Sawangan, Depok, Jawa Barat, Rabu (10/6/2020). Pemerintah menyebut vaksin corona produksi dalam negeri bisa diproduksi massal pertengahan 2021.

Pemerintah menargetkan vaksin corona yang dikembangkan di dalam negeri bisa diproduksi massal pertengahan tahun depan. Saat ini kandidat antibodi tersebut sedang menjalani delapan dari total 15 tahapan sebelum masuk proses produksi.

Beberapa pihak seperti PT Bio Farma yang menggandeng Lembaga Biomolekuler Eijkman, serta PT Kalbe Farma sedang mengembangkan vaksin Covid-19. Namun belum diketahui hingga saat ini siapa yang memimpin perlombaan tersebut.

“Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kementerian Riset dan Teknologi Ali Ghufron Mukti memprediksi vaksin diproduksi massal pertengahan 2021,” kata anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Brotoasmoro dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (7/7).

(Baca: Progres Vaksin Corona Dunia, Universitas Oxford Berada Paling Depan)

Reisa juga mengatakan ada perusahaan dalam negeri yang menggandeng pihak Korea Selatan untuk mengembangkan vaksin corona. Hal ini disebutnya positif lantaran masyarakat dunia bergotong royong untuk menyelesaikan pandemi. “Vaksin dari negara lain juga aka nbermanfaat untuk kekebalan tubuh,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...