Progres Vaksin Corona Dunia, Universitas Oxford Berada Paling Depan

Ameidyo Daud Nasution
6 Juli 2020, 16:36
vaksin corona, covid-19, oxford
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Rak berisi vaksin di Sawangan, Depok, Jawa Barat, Rabu (10/6/2020). Vaksin virus corona yang dikembangkan Universitas Oxford saat ini telah memasuki tahap ketiga.

Persaingan global dalam pengembangan vaksin virus corona masih berlangsung hingga saat ini. Dari data organisasi kesehatan dunia (WHO), hingga 2 Julu tercatat ada 147 kandidat antivirus yang bersaing untuk uji coba.

Dari angka tersebut, 18 dalam proses evaluasi klinis, sedangkan 129 masih dalam tahap praklinis. Adapun dari data WHO, kandidat yang paling maju tahapannya adalah antivirus Universitas Oxford yang bekerja sama dengan raksasa farmasi AstraZeneca.

Saat ini kandidat vaksin bernama ChAdOx1-S itu sedang memasuki fase ketiga dengan pengujian kepada populasi di Brazil. Tahap tiga ini akan melibatkan jumlah penduduk lebih besar dari proses sebelumnya.

Dari laman uji pendaftaran klinis ISRCTN, Universitas Oxford ingin mengetahui apakah penduduk Negeri Samba dapat terlindungi dari corona setelah injeksi antivirus. Sebelumnya pengujian hanya dilakukan pada warga Inggris terutama yang bertempat tinggal dekat Kota Oxford.

“Ini juga akan memberikan informasi berharga tentang keamanan vaksin dan kemampuannya untuk menghasilkan tanggapan kekebalan yang baik terhadap virus,” demikian keterangan Universitas Oxford dalam laman ISRCTN dikutip Senin (6/7).

(Baca: WHO Setop Uji Coba Kombinasi Obat HIV untuk Pasien Covid-19)

Di posisi kedua dan ketiga ada vaksin Adenovirus Type 5 Vector yang dikembangkan CanSino Biological Inc./Beijing Institute of Biotechnology serta LNP encapsulated mRNA oleh perusahaan Amerika Serikat yakni Moderna bersama NIAID.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...