Ekonom Nilai Restrukturisasi Jiwasraya Solusi Terbaik Bagi Nasabah

Image title
9 Juli 2020, 07:49
asuransi jiwasraya
jiwasraya.co.id
Ilustrasi, logo Jiwasraya. Ekonom menilai restrukturisasi jadi jalan terbaik bagi pemegang polis dan nasabah.

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) berencana merestrukturisasi polis asuransi, baik tradisional maupun JS Saving Plan. Rencana tersebut dinilai sebagai solusi terbaik untuk pemegang polis dan perusahaan.

Presiden Direktur Centre for Banking Crisis (CBG) Achmad Deni Daruri menyebut langkah itu bisa menjamin pengembalian uang pemegang polis asuransi. "Restrukturisasi jadi jalan terbaik, dengan mengutamakan perlindungan konsumen atau pemegang polis, baik yang kecil maupun besar,” kata Achmad dalam siaran pers pada Rabu (8/7).

Advertisement

Namun, pemerintah belum memutuskan skema restrukturisasi Jiwasraya. Achmad pun berharap pemerintah tetap berkomitmen melaksanakan restrukturisasi untuk mengembalikan dana pemegang polis.

Adapun, total polis yang jatuh tempo dan menjadi utang klaim Jiwasraya per Mei 2020 telah mencapai Rp 18 triliun."Rencana restrukturisasi harus bisa tergambar dan terencana. Pemerintah harus berkomitmen atas rencana tersebut," katanya.

Kementerian BUMN, selaku pemegang saham, menyatakan komitmennya menyelesaikan masalah Jiwasraya, yang mulai gagal bayar sejak 2018. Fokus dari restrukturisasi tersebut yaitu pengurangan nilai pokok dan penurunan bunga dari sekitar 12-14% menjadi kisaran 6-7%. 

(Baca: Asuransi Jiwasraya akan Dibubarkan Usai Restrukturisasi Polis)

Salah satu pemegang polis produk JS Saving Plan Jiwasraya Machril belum memutuskan apakah ikut dalam program restrukturisasi tersebut. Pasalnya, dia ingin mengkaji terlebih dahulu skema restrukturisasi yang ditawarkan oleh pemerintah pada Agustus 2020 mendatang.

"Semua itu harus berunding bersama antara nasabah dan pemerintah. Harus ada win-win solution," kata Machril.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement