Rekor Lonjakan 2.657 Kasus Corona RI, Jokowi: Sudah Lampu Merah

Dimas Jarot Bayu
9 Juli 2020, 19:01
virus corona, jokowi, covid-19, jumlah kasus corona
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Presiden Joko Widodo meninjau lahan lumbung pangan baru di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020). Jokowi menyebut rekor kasus baru corona di RI hari Kamis (9/7) sebagai lampu merah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai kondisi pandemi virus corona Covid-19 kian mengkhawatirkan. Pasalnya kasus positif corona terus bertambah bahkan mencetak rekor 2.657 orang pada rilis data Kamis (9/7).

Jumlah ini merupakan yang tertinggi setelah Indonesia dilanda kasus corona sejak awal Maret 2020. Sedangkan total kasus Covid-19 di RI sampai saat ini mencapai 70.736 kasus.

Advertisement

“Saya ingatkan ini sudah lampu merah lagi. Hari ini secara nasional, kasus positif ini tinggi sekali,” kata Jokowi di posko penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Kamis (9/7).

(Baca: Pecah Rekor Lagi, Kasus Baru Corona RI Melonjak 2.657 Orang)

Atas dasar itu, Jokowi memerintahkan pemerintah daerah mengendalikan laju penularan corona di wilayahnya masing-masing. Sebab, penyebaran virus mematikan ini sangat tergantung kepada strategi yang diambil tiap wilayah.

Di Kalimantan Tengah, total kasus positif corona mencapai 1.093 orang. Dari jumlah tersebut, 393 orang dalam perawatan dan 634 telah sembuh. Sementara, 66 pasien lainnya dinyatakan meninggal akibat Covid-19.

Jokowi mengatakan, jumlah kasus positif corona di Kalimantan Tengah masih tergolong kecil. Walau demikian, angka tersebut bisa membesar jika tak dikendalikan dengan baik oleh pemda setempat.

“Kalau manajemen krisis tidak dilakukan dengan tegas, rakyat tidak diajak semuanya bekerja sama, hati-hati angka yang tadi saya sampaikan bisa bertambah banyak,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement