Pengunjung Malioboro Harus Tunjukan Kartu Vaksin

Image title
Oleh Maesaroh
7 Agustus 2021, 08:30
Wisatawan berjalan di kawasan wisata Jalan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (12/2/2021). Pemerintah akan meminta pengunjung Malioboro untuk menunjukan kartu vaksin sebelum masuk kawasan itu.
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.
Wisatawan berjalan di kawasan wisata Jalan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (12/2/2021). Pemerintah akan meminta pengunjung Malioboro untuk menunjukan kartu vaksin sebelum masuk kawasan itu.

Persyaratan kepemilikan kartu vaksin makin digencarkan di beberapa pusat obyek wisata. Terakhir, pemerintah  meminta kepada siapa saja yang akan mengunjungi kawasan wisata dan belanja Malioboro, Yogyakarta, untuk menunjukan kartu vaksinnya.

“Nanti Malioboro jalan (dibuka penuh) kami akan minta supaya (pengunjung) membawa kartu vaksin. Itu untuk keselamatan kita semua," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di Yogyakarta, seperti dikutip Antara, Jumat malam (6/8).

Luhut berharap seluruh warga Provinsi DIY sudah mendapatkan vaksin pada September mendatang.  Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, hingga Jumat (6/8), sebanyak 1,22 juta warga Yogyakarta sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama atau 42,4% dari target yang ditetapkan sebesar 2,88 juta. Namun, jumlah orang yang mendapatkan suntikan dosis kedua masih sangat rendah yakni 469.865 orang, atau 16,32% dari target.

"Kita akan bisa vaksin hampir 100 persen itu nanti bulan September seluruh Yogyakarta. Jadi sampaikan kepada orang tua kita yang belum agar divaksin," tambah Luhut yang juga menjabat koordinator bagi penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di daerah Jawa dan Bali.

Merujuk pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2021, seluruh kabupaten/kota di Provinsi Yogyakarta masih masuk dalam kategori PPKM Level 4, yaitu Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo, dan Kabupaten Gunungkidul.

Bukan hanya dari warga setempat, Luhut mengingatkan syarat wajib menunjukan sertifikat vaksin juga diberlakukan bagi pengunjung Malioboro yang datang dari luar Provinsi DIY.

 "Tadi seperti (disampaikan) Pak Sultan di Malioboro semua sudah divaksin, saya kemarin lihat. Sekarang mau pelan-pelan bikin orang yang masuk Malioboro harus punya vaksin card, kartu vaksin. Masuk Malioboro pakai ini," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...