Jakarta dan Yogyakarta Mulai Vaksinasi Covid-19 Warga di Atas 50 Tahun

Desy Setyowati
1 Juni 2021, 11:12
Jakarta dan Yogyakarta Mulai Vaksinasi Covid-19 Warga di Atas 50 Tahun
ANTARA FOTO/FB Anggoro/foc.
Sejumlah warga mendapatkan vaksinasi di dalam bus Trans Metro Pekanbaru untuk vaksinasi Covid-19 di Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (28/5/2021).

Pemerintah DKI Jakarta dan Yogyakarta mulai menggelar vaksinasi Covid-19 untuk warga pralansia atau usia 50 – 59 tahun. Mereka bisa mendaftarkan diri di fasilitas kesehatan terdekat.

"Setelah vaksinasi bagi tenaga kesehatan, petugas publik dan warga lanjut usia (lansia), kami mulai membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi pralansia," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dikutip dari Antara, Selasa (1/6).

Vaksinasi virus corona bagi pralansia tersedia di sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) dan puskesmas di Sleman. “Sasarannya warga yang berdomisili di Sleman, dan tidak harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Sleman," katanya.

Untuk warga yang ingin mengikuti vaksinasi, dapat mendaftarkan diri dengan cara mengisi formulir di daftarvaksin.slemankab.go.id. Setelah mendaftar, warga hanya perlu menunggu pemberitahuan jadwal pelaksanaan vaksinasi.

Warga pralansia Kota Yogyakarta juga bisa datang ke fasilitas pelayanan kesehatan tingkat satu seperti puskesmas untuk mendaftarkan diri. Selain itu, satu orang pengantar bisa membawa dua warga pralansia untuk vaksinasi.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyampaikan, pendaftaran bertujuan mengatur jumlah warga yang datang melakukan vaksinasi. Ini agar tidak terjadi penumpukan atau antrean di puskesmas atau fasilitas kesehatan lain, sehingga tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kebijakan vaksinasi bagi warga pralansia tentu akan mempercepat capaian vaksinasi di Kota Yogyakarta,” kata Heroe yang juga menjabat Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti sudah meminta camat dan lurah untuk mengecek kondisi di wilayah masing-masing. “Tanyakan siapa saja lansia yang belum mendapat vaksin virus corona. Jangan tanya siapa yang sudah divaksin, tetapi tanya siapa yang belum divaksin,” katanya.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...