5 Destinasi Wisata Lampung yang Memesona

Image title
17 November 2021, 16:50
Lembah Hijau, destinasi wisata Lampung.
ksmtour.com
Lembah Hijau, destinasi wisata Lampung.

Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi wisata alam hingga budaya. Di samping itu, terdapat pula wisata buatan yang tak kalah mengasyikan untuk dijajal. Provinsi Lampung terbilang strategis bagi kunjungan wisata. Berbagai objek wisata, mulai dari pegunungan, hutan, sungai, air terjun, mudah dijangkau dari pusat Kota Lampung.

Meneruskan jurnal "Potensi Wisata di Lampung dan Pengembangannya" oleh Ani Rostiyati, Bandar Lampung merupakan penyatuan dari dua kota, yakni Telukbetung dan Tanjung Karang. Pada 1984, Kota Teluk Betung dan Tanjung Karang digabung menjadi satu kesatuan wilayah kota di Bandar Lampung. Selanjutnya, Kota Tanjung Karang dan Teluk Betung berubah menjadi Kotamadya TK. II Tanjung Karang-Teluk Betung dan sekaligus menjadi Ibukota Provinsi Lampung.

Wisata Lampung

Di Lampung, terdapat tujuh wisata unggulan yang sering dikunjungi para wisatawan, yakni krakatau, Bandar Lampung, Laut Kiluan, Bukit Barisan Selatan, Tanjung Setra, Way Kambas, dan Menara Siger

Sementara itu, di pusat ibu kota Lampung terdapat potensi wisata unggulan seperti museum yang terletak di tengah kota, sentra kerajinan tapis, sentra penjualan kuliner keripik pisang, dan berbagai sanggar seni. Adapun pantai, laut, rumah tradisioal, danau, alam pegunungan, biasanya terletak jauh dari ibu kota Lampung dan merupakan wisata non unggulan.

Wisata Buatan di Lampung

Di samping jajaran wisata alamnya, Lampung menyuguhkan sejumlah wisata buatan yang layak untuk dikunjungi. Mengutip Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemerintah Provinsi Lampung, berikut 5 wisata buatan Lampung.

1. Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rachman

Penangkaran rusa ini berada di Desa Sumber Agung Kecamatan Kemiling. Dari arah Kemiling dapat dijangkau dengan jarak yang cukup dekat dengan kondisi jalan yang baik. Lokasi penangkaran berada sekitar  1 km sebelum Taman Kupu-Kupu.

Di penangkaran ini wisatawan diajak bercengkerama dan memberi pakan yang telah disediakan untuk rusa-rusa di tempat penangkaran. Lokasi penangkaran dilengkapi dengan taman, arena bermain anak, kantin, musala dan berbagai spot menarik untuk berswafoto.

Tempat wisata penangkaran rusa ini buka setiap hari  dengan tarif tiket masuk yang cukup terjangkau, yakni Rp 3.000 dan Rp 2.000 untuk parkir kendaraan roda dua Rp 4.000 untuk kendaraan roda empat.

2. Taman Kupu Kupu Gita Persada

Taman Kupu-kupu Gita persada Bandar Lampung, terletak di kaki Gunung Betung Kemiling Bandar Lampung atau sekitar 30 menit dari pusat kota dan sekitar 1 km dari Bumi Kedaton arah Kemiling.

Hanya dengan Rp 10.000, pegunjung sudah bisa menikmati alam sejuk taman sekaligus  menemukan berbagai jenis kupu- kupu dan mengamati perkembangan metamorfosis dari mulai telur, ulat, kepompong dan akhirnya menjadi kupu-kupu yang berwarna-warni.

Taman yang telah berdiri selama lebih dari 20 tahun ini kini telah memiliki lebih dari 140 jenis kupu-kupu Sumatra, termasuk Attacus atlas.

Terdapat beberapa fasilitas wisata yang tersedia di taman ini, yaitu sangkar kupu-kupu, rumah pohon, children's playground, museum, kafetaria, dan toilet. Taman Kupu-Kupu Gita Persada beroperasi pukul 8 pagi hingga 5 sore.

3. Lembah Hijau

Tempat wisata yang terletak di Bandar Lampung ini berdiri di atas kawasan lembah seluas 30 hektare. Taman ini memadukan antara wisata rekreasi dan edukasi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...