Melirik Wisata Palutungan yang Sajikan Indahnya Alam Ceremai

Tifani
Oleh Tifani
12 September 2022, 10:46
wisata Palutungan
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/wsj.
Ilustrasi, wisata Palutungan.

Wisata Palutungan merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Jawa Barat, tepatnya berada di Desa Palutungan, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, dan terletak di kaki gunung tertinggi di Jawa Barat, Gunung Ceremai

Objek wisata di Kuningan ini menjadi salah satu wisata alam yang populer di Jawa Barat, terlebih saat musim liburan tiba. Lokasinya hanya berjarak 11 kilometer (km) dari pusat kota, atau sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Dilansir dari laman disparbud.jabarprov.go.id, nama "Palutungan" diambil dari hewan lutung atau sejenis kera yang berhabitat di sekitar Gunung Ceremai. Objek wisata ini dibangun dengan luas 50 hektar (ha) pada 1984.

Karena letaknya di kaki Gunung Ceremai, wisata Palutungan menjadi jalur para pendaki untuk memulai pendakian ke puncak Gunung Ciremai.

Objek wisata alam Palutungan tidak hanya menawarkan keindahan alam saja, tetapi juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas liburan, seperti penyewaan tenda dan permainan flying fox.

Objek Wisata Palutungan

1. Curug Putri

Ada berbagai destinasi yang teritegrasi di tempat ini, mulai dari curug, hingga aneka tempat berfoto. Curug Putri misalnya, tempat ini menjadi primadona para wisatawan. Curug setinggi 20 meter ini diyakini masyarakat sekitar sebagai tempat singgah para bidadari.

Suasana yang masih asri membuat wisatawan betah menghabiskan waktu di Curug Putri Palutungan ini. Pemandangan kian menakjubkan ketika hujan turun sebab sering terlihat pelangi di atas curug sehingga masyarakat tempo dulu yakin, hal itu menandakan turunnya para bidadari dari khayangan.

Tidak hanya itu, mitos lainnya menyebutkan bahwa air dari Curug Putri sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tak heran jika ada banyak wisatawan yang datang khususnya pada hari-hari tertentu untuk mengambil manfaat lain dari daya tarik wisata ini.

Selain air terjun, kawasan Curug Putri juga sering dijadikan tempat berkemah. Ketika berkunjung ke destinasi wisata ini wisatawan akan disambut pohon-pohon rindang yang menjulang tinggi.

Curug Putri Palutungan juga masih memiliki ingkungan yang bersih dan asri, ditambah dengan suara air curug yang dingin dan segar. Curug Putri Palutungan sangat cocok untuk pengunjung yang gemar menghabiskan waktu untuk pergi ke tempat wisata bernuansa alam.

Pengunjung harus membeli tiket untuk menikmati pesona Curug Putri Patulungan ini. Harga tiket dibanderol Rp 15.000 untuk hari biasa, dan Rp 20.000 untuk weekend.

Pengunjung dapat memasuki Curug Putri dan menikmati fasilitas seperti pemandangan yang indah, bersantai di jejeran Hammock, dan merasakan kejernihan air curug ini.

2. Pondok Pinus Palutungan

Selain bermain air di curug, pengunjung juga dapat mengunjungi aneka tempat wisata Palutungan yang lain, yakni Pondok Pinus Palutungan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...